Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30)

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Mengapa Puasa Itu Ibadah yang Sangat Rahasia?

13 April 2021   03:32 Diperbarui: 13 April 2021   03:39 868 42 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Puasa Itu Ibadah yang Sangat Rahasia?
Tribunnews.com

Bulan Ramadhan telah tiba. Puasa telah mulai dijalankan. Puasa yang sangat khusus, karena Ramadhan menjanjikan sebuah rekayasa sosial yang menakjubkan. Hampir semua muslim terpanggil untuk rame-rame menjalankan ibadah. Masjid penuh sesak, meskipun pasti jarak semakin renggag karena protokol kesehatan. 

Puasa juga belum pernah terbukti membunuh manusia. Artinya justru puasa itu menyehatkan, sepanjang sesuai syariat. Sahur di waktunya, dan buka di waktu yang telah ditetapkan. Puasa justru membuat manusia semakin sehat, dan hidup akan berkelanjutan.

Ada 3 catatan saya mengenai hikmat puasa yang akan bermuara mengapa puasa menjadi ibadah yang sejatinya rahasia.

("Puasa itu adalah perisai. Oleh karena itu, jika salah seorang di antara kalian berpuasa, maka janganlah dia berkata-kata kotor dan tidak juga berlaku bodoh. Jika ada orang yang memerangi atau mencacinya, maka hendaklah dia mengatakan, 'Sesungguhnya aku sedang berpuasa' (sebanyak dua kali). Demi Rabb yang jiwaku berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah Ta'ala daripada aroma minyak kesturi, di mana dia meninggalkan makanan, minuman, dan nafsu syahwatnya karena Aku (Allah). Puasa itu untuk-Ku dan Aku akan memberikan pahala karenanya dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya"

Kalimat di atas adalah merefer pada Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, dan banyak dikutip dalam ceramah-ceramah tentang puasa. 

Berikut rangkuman saya adanya 3 hikmah puasa. 

(1) Menghindari konflik 

Orang yang berpuasa diwajibkan untuk menghindari konflik. Bahkan sejarah Perang Iran - Irak, juga dikabarkan berhenti ketika bulan puasa Ramadhan. Hal tersebut memang merujuk kepada ajaran yang mendasar, puasa adalah keheningan yang menempel di dalamnya anti konflik. Ketika ada orang mengajak berkelahi, atau bertengkar, atau berselisih, atau konflik, maka pelaku puasa perlu mengatakan, "Maaf, saya sedang berpuasa".

Ajaran ini sangat terang benderang, bahwa puasa adalah ibadah istimewa yang anti konflik. Dan punya nilai khusus, sehingga pelaku puasa diberikan tata cara bagaimana kalau sedang puasa malahan diajak bertengkar. Cukup jawab, "Maaf, saya sedang berpuasa". Artinya ini resolusi konflik bagi pelaku puasa yang sangat jelas. 

(2) Jaminan dibalaskan langsung karena rahasia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x