Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30)

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Breaking News, Akhirnya Terusan Suez Normal Kembali

30 Maret 2021   09:19 Diperbarui: 30 Maret 2021   10:22 225 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Breaking News, Akhirnya Terusan Suez Normal Kembali
Release dari Evergreen - Sumber: evergreen-line.com

EVER GIVEN Successfully Refloated. Akhirnya Kapal mega super Ever Given yang sempat mengunci mati jalur pelayaran Terusan Suez, kembali mengapung sebagaimana pers release yang banyak diwartakan ke banyak awak media dari sumber resmi Evergreen pada tanggal 29 Maret 2021. 

Berdasarkan release tersebut, transit kembali normal sehingga pelayaran di alur  Terusan Suez pulih kembali 

Setelah stagnan sejak 23 Maret yang lalu, lantas dilaksanakan proses dredging dan penarikan dengan 11 kapal tunda (tug boat), dilanjutkan 29 Maret 2021, akhirnya  Evergreen Line dengan bangga mengkonfirmasi hal itu EVER GIVEN berhasil mengapung  kembali di Suez Kanal tersebut sekitar pukul 15:04 tanggal 29 Maret waktu setempat (21:04 Waktu Taiwan/WIB). 

Dengan demikian, kapal  dapat melanjutkan operasi normal,  kapal meninggalkan landasan pacu atau zona terkandasnya lokasi dengan bantuan kapal tunda. Kapal yang disewa tersebut, yakni Ever Given akan diubah posisinya atau akan dipindahkan ke Danai Great Bitter di Terusan untuk pemeriksaan kelayakan laut. Artinya kapal dievakuasi sementara, sambil terus diperiksa apakah laik berlayar segera, atau memerlukan reparasi perbaikan sebagaimana mestinya. 


Bahwa hasil pemeriksaan juga akan menentukan apakah kapal bisa melanjutkan layanan yang sudah terjadwal dalam kontrak dengan pihak penyewa. 

 Setelah pemeriksaan selesai, keputusan akan dibuat tentang pengaturan kargo saat ini di kapal. Pihak Evergreen mengucapkan banyak terima kasih kepada Otoritas Terusan Suez dan semuanya pihak yang berkepentingan atas bantuan dan dukungannya melalui ini situasi yang sulit dan tidak menguntungkan. Sebagaimana diketahui, dampak berganda akibat stagnasi ini adalah suplai makanan di Suriah, Lebanon, dan sekitarnya menjadi tersendat padahal makanan sangat tergantung dari import karena sebagian wilayah masih dilanda perang. 

Pihak Evergreen  juga ingin mengungkapkan apresiasi yang terdalam kepada kru karena tetap setia kepada mereka pos serta ahli penyelamat dan tim keruk untuk mereka menuju profesionalisme dan upaya tanpa henti selama 6 hari terakhir mengamankan hasil ini.  Sukses mengapungkan kembali Evergreen ini adalah bukti perjuangan keras, di mana sebelumnya diramalkan stagnasi Terusan Suez akan mencapai berminggu-minggu. 


Diduga peran pembaca Kompasiana yang rajin berdoa juga ikut membantu lho.... sebab nalar para ahli dredging dan Tim Rescue mengatakan kemungkinan berminggu-minggu kapal baru bisa diapungkan kembali. Ukuran yang melampaui 4 kali panjang lapangan sepakbola ini.

Evergreen akan berkoordinasi dengan pemilik kapal untuk menangani masalah lebih lanjut setelah pemilik kapal dan pihak berkepentingan lainnya para pihak menyelesaikan laporan investigasi atas insiden tersebut. EVER GIVEN adalah kapal kontainer kelas 20.000 TEU, saat ini disewa oleh Evergreen Marine Corp. berdasarkan perjanjian waktu persetujuan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN