Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Dosen - Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30)

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Bagaimana Mungkin Dolar Dipalsu?

29 Maret 2021   11:01 Diperbarui: 29 Maret 2021   11:12 62 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Mungkin Dolar Dipalsu?
Master key dibuat oleh siapa (foto: jp 23.3.2021#2-dokpri)

Apa jadinya jika kita bertransaksi dalam bentuk  mata uang dolar, dan ternyata palsu? Namun itu bisa terjadi. Jumlah yang ditemukan dipalsu bahkan tidak main-main, senilai lebih dari 5 trilyun. Kalau rupiah dipalsu, sebagian masih maklum. Maklum karena korban kadang ya rakyat kecil yang tidak tahu keaslian uang. Atau penerimaan uang di waktu malam atau remang sehingga penipu dan korban tidak saling mengenal. Hanya asal ngasih saja.

Namun ini adalah mata uang US Dolar. Siapa yang bisa membuktikan itu asli atau palsu? Apakah polisi yang menangkap juga tahu kualitas kertas dan keaslian uang dolar dimaksud?

Lha apa pun gibhahnya, nyatanya ada berita tentang ini. Jadi memang perlu hati-hati ketika kita menerima uang cash. Uang kertas. Lebih aman semua bertransaksi di bank. Biarkan bank yang bekerja untuk memeriksa keasliannya. 

Di pedalaman hutan belantara, sebagian orang bisa jadi bertransaksi dengan sepenuh koper uang. Cash on hand. Konon kata simbah, transaksi cash dimaksudkan untuk menghindari pajak. Sekarang pinter-pinteran saja, petugas pajak bisa mengejar sampai rimba belantara, atau penjahat terus melakukan transaksi cash berkoper dengan mata uang - bahkan - , uang asing.

Kalau penjahat kelas teri mah ditangkep bisa digebugi, kalau ini bisa menggebugi lawannya karena banyak uwank saudara. 

Maka kejadian palsu memalsu uang, apalagi uang dolar, adalah puncak gunung es. 

Siapa di balik itu, tujuannya untuk apa, dan lain sebagainya. Benarkah uang itu palsu? 

Jelas tidak mungkin uang dolar digunakan untuk beli tiket bus antar kota antar provinsi. 

Negara harus tegas dan  tegak dalam hukum di Nusantara ini. (29.03.2021/Endepe) 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN