Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30)

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Penjelajah Baru Kompasianer

15 Maret 2021   22:07 Diperbarui: 15 Maret 2021   22:19 159 22 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penjelajah Baru Kompasianer
Wow, penjelajah baru (Dokpri) 

Alhamdulillah, lebih cepat dari yang saya duga. Senin, tanggal 15 Maret 2021 akhirnya saya masuk klaster penjelajah di kompasiana. Posisi pukul 21.48 WIB, poin terkumpul 10.056 poin dengan viewer sebanyak 98.01, jumlah artikel 543 judul, headline 7 judul, artikel pilihan sebanyak 236 judul, dengan nilai 5076. 

Hidupku memang ajaib, begini sangat menyenangkan dan menggembirakan. Terima kasih ya bapak ibu Redaksi Kompasiana, dan lebih khusus para pembaca dan pemerhati Kompasiana ini. Senang, gembira, dan seperti mau masuk ke dunia baru. 

Ya tidak perlu dibandingkan dengan para fanatik, senior, mapun maestro. Ya meskipun semoga bisa juga sampai ke maestro. Ya meskipun bisa jadi dalam bulan-bulan ke depan agak busy dikit dengan suasana kerja yang berbeda. Namun cinta akan mengalahkan rasa lelah. 

Berbagi dengan literasi. Berbakti melalui edukasi. Dengan penuh harap ridho Ilahi, menyampaikan pesan langitan walaupun hanya satu ayat atau butiran debu di tengah lautan ilmu.

Apa yang akan saya lakukan setelah menjadi penjelajah ini?

Mau meniru penulis yang konsisten di rubrik tertentu, sepertinya masih berat. Lebih sering tergoda untuk menuliskan apa pun yang dilihat pada hari itu. Sedangkan menulis yang sesuai bidang, rasanya itu sudah ada rumahnya bernama jurnal berakreditasi dan bereputasi akademik. Sedangkan kalau di rubrik kompasiana, kalau terlalu akademik malah bikin pusing. Yang membaca pusing dan tidak mau ngeKLIK. Yang menulis lebih pusing karena risiko ditangkap polisi editor copas yang bisa jadi tidak copas namun dianggap copas. Mau copas pun kalau akademik juga pusing. 

Jadi, ya mengalir saja. 


Saya sedang mencari dokumen saya ketika saya bertemu Pak Gunawan Muhammad, penulis Caping Catatan Pinggir Tempo. Beliau mengatakan, kaau ingin sukses dan terampil menulis, syaratnya adalah: (1) banyak membaca, (2) banyak menulis.

Welehh... kok bener ya...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x