Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Konsultan - Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30) Tulisan boleh dikutip dengan sitasi (mencantumkan sumbernya). 1) Psikologi 2) Hukum 3) Manajemen 4) Sosial Humaniora 5) Liputan Bebas

Selanjutnya

Tutup

Humor

Berita di Yogya Hoaks Semua?

16 Februari 2021   22:42 Diperbarui: 16 Februari 2021   23:11 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jelas berdiri sejak 2014, tapi naskah SST nya 1 Januari 1970. (Foto: tangkapan dari kulonprogokab.go.id) 

Saya masih ingat sebuah koran lokal. Ada rubrik yang banyak dicari. Sekaligus, banyak yang ingin mengirimnya. Kisah-isah dan wartanya menarik. Saya kutipkan 2 di antara ratusan yang pernah ada.  Ada unsur humornya. YAng saya kutip malah bisa mengejutkan. 

ANAK tetangga saya bernama Albar alias Baban yang berusia sekitar lima tahun, punya kebiasaan unik, berbeda dengan anak-anak seusianya. Kalau ada pedagang jajanan lewat depan rumahnya, ia selalu buru-buru masuk rumah dan bersembunyi di kolong tempat tidur. Kalau ditanya, ia selalu menjawab, "Mengko aku ndhak pengin jajan."

Kiriman:

Agus Maryadi MD, Kajor RT 03 RW 01 Nogotirto, Gamping Sleman

..

Lha kok penampakan di layar, kisah itu tertulis tanggal 1 Januari 1970. Yang bener saja Pak Editor...?

Lantas saya mengecek naskah lain, Ternyata sama, tangga juga 1 Januari 1970. Berikut kisahnya: 

JUMAT lalu saya mengantar istri berobat di RS Nyi Ageng Serang Kulonprogo. Saat antri obat, istri pamit ke toilet dan minta saya menunggu panggilan. Ketika petugas memanggil nama Bapak Marwanto, saya kaget karena mestinya yang dipanggil nomor dan nama isteri saya. Saya segera ke loket menunjukkan nomor antrian. "Yang nomor 7 saya, Pak," kata lelaki di belakang saya

Kiriman:

Marwanto, Maesan III Wahyuharjo Lendah, Kulonprogo 55663

...

Padahal, pada tahun 1970, RS Nyi Ageng Serang itu belum ada. Berarti, yang hoax itu kisahnya, atau penanggalan dari editornya?

Kolomnya bernama "Sungguh-sungguh Terjadi". 

Jadi ini "sungguh-sungguh terjadi", di mana cerita di dalamnya ternyata "tidak sungguh-sungguh". Yang sungguh-sungguh terjadi adlah mengisahkan situasi rumah sakit di tahun 2020 tapi ditulis 1 Januari 1970. Wah, baru sungguh-sungguh terjadi ini.

Bingung kan.... (16.02.2021/Endepe) 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humor Selengkapnya
Lihat Humor Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun