Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Bakti edukasi dengan literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (Al Mulk 67:30)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Sedekah untuk Bill Gates

22 November 2020   04:48 Diperbarui: 22 November 2020   05:17 51 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sedekah untuk Bill Gates
Bill Gates (Foto: kompas.com) 

Adakah yang lebih kaya dari Bill Gates? Saya menuliskan ulang kisah ini membuat dada saya bergemuruh.  Agak sesak menahan haru. 

BAgaimana mungkin, konsep sedekah biarpun masih dalam kondisi miskin? Bagaimana mungkin, orang miskin bersedekah kepada orang yang sebenarnya lebih kaya, namun tidak pernah berhasrat untuk meminta imbalan, semata karena ingin berbuat baik sebagai sesama manusia?

***

Alkisah Bill Gates sebelum terkenal dan kaya seperti sekarang ini. Bill Gates saat ini dengan Microsoft sebagai sumber kekayaan utamanya, Gates berhasil menghimpun harta tidak kurang dari senilai US$98 miliar (sekitar Rp1,6 kuadriliun). Cape deh... hitung saja bunga berbunga tanpa harus bekerja. Belum lagi riset-riset yang pada akhirnya akan menghasilkan uang juga. 

Para penggemarnya pada suatu ketika beraudiensi dengan Bill Gates. Seseorang bertanya, jika anda sekaya itu, ada gak orang yang lebih kaya dari anda? 

Bill Gates tercenung, dan berpikir keras. Lantas dia tersenyum, dan beginilah kisahnya; 

****

Nah, ketika itu Bill Gates belum kaya. Sedang berada di bandara New York, melihat tukang koran. Mau beli, ternyata di dompetnya tidak ada uang kecil. Bahkan, uang besar juga tidak membawa, alias ya katakanlah masih miskin. Gak percaya kan, Bill Gates pernah miskin. Ya, percaya saja, karena ini kisah dari Bill Gates sendiri. 

Bill Gates memandang tukang koran itu dan berkata, "Aku ingin beli koranmu, tapi aku tidak ada uang kecil."

Tukang koran memandang dengan kasihan. "Ya udah, nih bawa saja koran ini, saya berikan ke kamu gratis, "kata tukang koran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x