Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Iqra.... قْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ 1 اقْرَ Bacalah, dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan.

“Reading maketh a full man; and writing an exact man. And, therefore, if a man write little, he need have a present wit; and if he read little, he need have much cunning to seem to know which he doth not.” ― Francis Bacon “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” ― Pramoedya Ananta Toer

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Puasa dan Depresi

11 Mei 2019   10:58 Diperbarui: 11 Mei 2019   11:29 0 2 1 Mohon Tunggu...
Puasa dan Depresi
musim dingin, akan berlalu, tidak lagi beku (dokpri)

Depresi adalah gejala umum psikologis ketika orang merasa tidak berdaya, putus asa, hilang pengharapan, hilang kepercayaan kepada orang lain, bahkan tidak lagi mau mendengar hati nurani. Suara orang luar, ibarat bunyi gemuruh yang semakin memojokkan penderita depresi. Walhasil, depresi memacu stress, semakin tertekan, dan seakan tidak ada jalan keluar.

Rasa sedih yang menggigit, juga bagian dari depresi. 

secara definifit, depresi adalah : 

"Depression (major depressive disorder) is a common and serious medical illness that negatively affects how you feel, the way you think and how you act. Fortunately, it is also treatable. Depression causes feelings of sadness and/or a loss of interest in activities once enjoyed"

sumber : https://www.psychiatry.org/patients-families/depression/what-is-depression 

Merasa lelah berlebih, juga bagian dari ciri depresi. 

Depresi, bisa jadi dipicu pencapaian prestasi yang gagal. Atau tertunda. Atau keinginan tinggi, tidak sebanding dengan upaya atau kuasa yang dipunya.

Banyak orang menderita depresi dewasa ini. Sebagian memilih untuk mengakhiri dengan tragis; suicide.

Bisa juga adanya penyakit fisik. Gangguan tiroid, kurang vitamin, ternyata juga memicu depresi. 

Demikian halnya faktor psikis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x