Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Tips Cegah Gagal Ginjal

3 November 2022   21:03 Diperbarui: 3 November 2022   21:07 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: pixabay.com

Akhir-akhir ini berita di media massa dipenuhi dengan berita soal gagal ginjal akut (tiba-tiba ) yang dialami oleh anak-anak. gagal ginjal itu ditengarai karena penggunaan zat kimia berlebihan dalam obat batuk sirup aanak-anak.

Sebenarnya gagal ginjal tidak hanya dapt menjangkiti anak-anak tetapi juga orang dewasa, Ada beberapa tips agar kita bisa terhindar dari gagal ginjal.

Pertama, tentu rajin berolahraga. Banyak penyakit dan ketidakberesan fungsi organ tubuh seringkali disebabkan karena kita kurang berolahraga. Maka rajin berolahraga merupakan salah satu kunci terhindar dari gagal ginjal.

Kedua, banyak minum air putih. Banyak minum air putih akan membantu kerja ginjal kita. Normalnya orang harus mengkonsumsi minimal 8 gelas air putih per hari atau setara 2 liter per hari.

Ketiga, hindari stress berlebihan. Stress merupakan sesuatu yang normal bagi manusia pada umumnya. Tetapi stress yang berlebihan bisa mengakibatkan berbagai penyakit termasuk gagal ginjal. 

Maka kelolah tress anda sehingga tidak sampai menjurus kepada stress yang berat atau depresi. Carilah teman curhat atau kalau masih stress juga pergilah ke psikolog untuk berkonsultasi.

Keempat, hindarilah merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol. Rokok dan minuman beralkohol juga merupakan sumber segala penyakit termasuk gagal ginjal.

Kelima, kurangi asupan garam. Kurangi makanan atau cemilan yang mengandung banyaka garam. Banyak riset kesehatan membuktikan bahwa asupan garam yang terlalu tinggi menyebabkan oenyakit tekanan darah tinggi, jantung, dan gagal ginjal.

Keenam, kelolalah tekanan darah serta kadar gula darah. Banyak riset yang membukikan bahwa tekanan darah tinggi dan kelebihan kadar gula dalam darah juga merupakan sebab penyakit gagal ginjal. Oleh karena itu secara teratur periksakan kadar gula darah dan tekanan darah anda.

Ketujuh, kurangilah mengkonsumsi obat-obat anti nyeri. Obat anti nyeri memperberat kerja ginjal yang beresiko gagal ginjal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun