Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips Memilih Pakaian untuk Wawancara Kerja

25 September 2022   23:16 Diperbarui: 25 September 2022   23:19 137 8 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: finance.detik.com

Saat wawancara kerja banyak hal yang akan dinilai oleh pewawancara. Salah satu hal yang sering luput dipehatikan oleh calon karywan ketika wawancara adalah pakaian yang dikenakan saat wawancara.

Ada beberapa tips untuk memilih pakaian saat wawancara kerja supaya menunjang penampilan kita sehingga menambah poin plus kita.

Pertama, untuk bawahan pilihlah yang memberi kesan formal. Jangan menggunakan celana panjang untuk pria dan wanita maupun rok bawahan untuk wanita yang berbahan denim atau jeans. Celana panjang berbahan jeans memeberi kesan santai, tidak formal dan tidak serius.

Kedua, pilihlah warna pakaian yang netral atau tidak bercorak ataupun kalau bermotif atau bercorak gunakan yang sederhana motif atau coraknya.. Yang penting jangan menggunakan pakaian dengan motif atau corak yang memberi kesan norak atau meriah karena akan memberi kesan tidak dewasa su calon karyawan.

Ketiga, untuk sepatu pilihlah untuk wanita yang emnutup ujung jari kaki. Sepatu yang terbuka di ujung jari kaki juga akan menimbulkan kesan santai dan tidak serius, Untuk pria juga gunakan sepatu kulit dan menutup seluruh bagian kaki serta jangan menggunakan sepayu santai seperti sepatu olahraga dan sejenisnya

Keempat,  gunakan jas baik untuk wanita maupun pria. Gunakan jas dengan warna netral seperti hitam, abu-abu ataupun biru gelap. Menggunakan jas akan memberi kesan kita profesional dan dewasa.

Kelima, perhatikan gaya rambut. Datanglah lebih awal supaya bisa menyisir rambut terlebih dahulu sehingga kelihatan rapi. Untuk pria bisa menggunakan gel atau pomade agar rambut tampak rapi.

Keenam, jangan menggunakan parfum yang baunya menyengat karena akan terkesan norak dan murahan. Gunakan parfum yang lembut baunya dan tidak menyengat atau mencolok.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan