Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tips Menggunakan Kompor Listrik

24 September 2022   21:53 Diperbarui: 24 September 2022   22:08 109 13 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber gambar: hotliputan6.com

Saat ini tengah ada wacana dari pemerintah untuk menggantikan kompor gas dengan bahan bakar LPG dengan kompor listrik. Alasannya antara lain untuk menhemat subsidi gas LPG 3 Kg yang memberatkan APBN.

Ada beberapa tips untuk menggunakan kompor listrik yang benar.

Pertama, pastikan jumlah daya listrik yang ada di rumah dengan kompor listrik yang akan dipakai. Umumnya kompor listrik membutuhkan daya listrik antara 700 watt sampai 2.000 watt. Jangan sampai  watt yang tersedia di rumah tidak mencukupi untuk kompor listrik yang digunakan sebab hal itu akan memaksa jika menggunakan kompor listrik harus mematikan sebagian alat-alat elektronik dan elektrik sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Di samping enimbulkan ketidaknyamanan maka hal tersebut juga menimbulkan kerusakan bagi alat-alat elektronik dan elektrik yang dimatikan ketika menyalakan kompor listrik.

Kedua, nyalakan kompor listrikdengan benar.  Yang pertama dilakukan adalah hubungkan   steker kompor dengan stop kontak kemudian tekan timbil on pada tobol on/off di kompor.

Ketiga, Pilih mode atau pilihan apa yang akan dilakukan. Beberapa kompor listrik menyediakan mode ini yaitu: merebus, menggoreng, dan menghangatkan. Setiap mode apa yang akan dilakukan membutuhkan panas yang berbeda-beda.

Keempat, gunakan timer untuk membatasi waktu penggunaan kompor. Penggunaan yang terlalu lama akan menyebabkan masakan hangus dan kompor juga kemungkinan akan korleting dengan resiko menimbulkan kebakaran atau kompornya rusak.

Kelima, mencabut kabel stkekker kompor dari stop kontak. Hal ini dilakukan supaya proses pendinginan pada kompor berlansung lebih cepat sebab panas pada kompor listrik bertahan lebih lama dibanding kompor gas.

Keenam, tentu saja bersihkan kompor listrik setelah digunakan. Hal ini untuk mencegah pengkaratan dan juga gangguan ketika akan digunakan lagi karena ada kotoran yang tertinggal di kompor.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan