Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tips Menghilangkan Iri hati

20 Agustus 2022   20:06 Diperbarui: 20 Agustus 2022   20:10 162 24 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: pixabay.com

Dalam kehidupan kita sering kita merasa iri hai dengan orang lain. Orang lain dalam pandangan kita lebih dari segalanya. Sementara kita merasa kurang segalanya. 

Jika perasaan iri hati ini dipelihara terus maka akan membawa dampak yang kurang baik, antara lain kita bisa membenci orang yang kita anggap melebihi kita, bisa juga kita akhirnya menyebar fitnah tentang orang yang kita anggap melebihi kita tersebut, bisa pula kita alalu menjadi justru rendah diri, dan dampak negatif yang lainnya.

Ada beberapa tips supaya kita tidak dihinggapi rasa iri hati terhadap orang lain secara berlebihan. 

Pertama, jangan membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Percayalah Tuhan menciptakan manusia itu unik satu per satunya. Bahkan anak kembar identik sekalipun punya perbedaan. Tuhan menciptakan manusia berbeda satu sama lain termasuk dengan kelebihan masing-amasing.

Kedua, fokuslah pada kelebihan yang kita miliki yang tidak dimiliki oleh orang lain. Ini akan membuat kebanggan pada diri sendiri dan menghilangkan rasa iri hati. 

Jika secara alami belum mempunyai kelebihan cobalah mulai dengan minatmu pada sesuatu lalu kembangkan minat itu dengan menambah pengetahuan atau ketrampilan misal lewat kursus.

Ketiga, Carilah orang dan lingkungan yang mendukung. Lingkungan yang memberi dukungan terhadap kelebihan dan minatmu. Jaangan mendengarkan orang atau lingkungan toksik yang hanya mencela terhadap diri dan kekuranganmu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan