Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Tips Menyembuhkan Luka Batin Secara Mandiri

4 Agustus 2022   21:49 Diperbarui: 4 Agustus 2022   22:02 120 23 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar: pixabay.com

Setiap orang sekecil apapun tentu pernah mengalami luka batin. Menjadi masalah apabila luka batin tersebut demikian dalam atau parah sehingga menyebabkan depresi yang jika tak segera diatasi bisa menyebabkan gangguan jiwa. 

Oleh karena itu luka batin harus segera disembuhkan sebelum menjadi parah. Penyembuhan luka batin bisa dilakukan sendiri atau secara mandiri.

Ada beberapa tips untuk penyembuhan luka batin secara mandiri.

Pertama, berdamai dengan masa lalu. Seringkali luka batin disebabkan oleh peristiwa-peristiwa masa lalu yang tidak sesuai dengan harapan atau biasa disebut sebagai masa lalu yang kelam.  

Sebagai manusia wajar jika kita merasa menyesal atas segala kesalahan dan masa lalu yang kelam tersebut. Tetapi masa lalu itu tak bisa kita ubah. Yang bisa kita ubah adalah panadangan atau tanggapan kita terhadap masa lalu tersebut.  

Harus selalu ditanamkan dalam hati dan pikiran kita bahwa yang berlalu biarlah berlalu. Jadikan masa lalu itu sebagai guru kehidupan yang semakin mendewasakan kita.

Kedua, maafkanlah semua orang yang telah melukai hati kita. Tanamkanlah dalam diri bahwa tak ada manusia yang sempurna. Memaafkan orang lain sebenarnya lebih berguna bagi penyembuhan luka batin kita sendiri dibandingkan bagi orang lain yang kita maafkan. Dengan memaafkan bebabn batin kita menjadi lebih ringan

Ketiga, mengekpresikan kejengkelan, kekesalan, bahkan juga penyesalan terhadap hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu itu dengan menuliskannya. Tuliskan segala hal tersebut tanpa harus memperhatikan kaidah-kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Pokoknya tumpahkan semua perasaan yang mengganjal yang menyebabkan luka batin. 

Keempat, meluangkan waktu untuk memikirkan diri sendiri. Seringkali orang lebih memikirkan orang lain daripada dirinya sendiri. Hal tersebut membuat orang juga lupa untuk membenahi apa yang jadi ganjalan dan luka batin dirinya sendiri. 

Untuk itu perlu sediakan waktu untuk memikirkan diri sendiri dulu sebelum memikirkan orang lain. Nikmatilah hobi yang menyenangkan bagi diri. Renungkanlah apa kelebihan-kelebihan diri sendiri dibandingkan orang lain.

Kelima, lebih rajin berdoa kepada Tuhan. Berdoa untuk memohon kekuatan agar bisa mengobati luka batin dan melanjutkan hidup dengan lebih baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan