Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Manfaat Rendah Hati

24 Juli 2022   23:36 Diperbarui: 24 Juli 2022   23:37 145 30 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber gambar: palembang.tribunnews.com

Sikap rendah hati diartikan sebagai sikap seseorang yang tidak sombong atau tidak angkuh. Ada pula yang mengartikan bahwa sikap rendah hati adalah sikap seseorang yang menyadari keterbatasan dirinya.

Dalam beberapa hal sikap rendah hati sering digambarkan dengan padi yang bulirnya bersi dan merunduk. Artinya makin pandai seseorang atau makin tinggi kedudukannya maka dia makin tidak menyombongkan diri.

Bersikap rendah hati dalam kehidupan sehari-hari mapun dalam pekerjaan mempunyai beberapa manfaat.

Pertama, orang yang rendah hati akan disukai oleh banyak orang. Dia akan punya banyak relasi sehingga hal itu juga akan menunjang karir atau pekerjaannya atau usahanya.

Kedua, orang yang bersikap rendah hati juga akan bersikap akan terus berusaha lebih baik dari waktu ke waktu. Dia akan menyadari segala kekurangan dan keterbatsannya sehingga akan berusaha untuk mengurangi keterbatsan serta kekurannya tersebut dari waktu ke waktu. Sikap mau belajar ini juga pada akhirnya akan menunjang keberhasilannya dalam bekerja.

Ketiga, tidak mudah mencela terhadap keslahan yang dibuat oleh orang lain. Hal ini disebabkan karena seseorang yang rendah hati tahu bahwa tidak ada manusia, khususnya dirinya sendiri, yang sempurna. Sehingga dengan demikian ia akan maklum dan tak mudah menyalahkan orang lain.

Keempat, seseorang yang rendah hati juga akan dengan lapang hati menerima saran atau kritik dari orang lain sebab dia memamg merasa belum sempurna. lagi-lagi ini akan memicu seseorang yang rendah hati untuk terus memperbaiki kekurangannya atas dasar masukan atau kritik dari orang lain. Hal ini juga akan membuat hidup dan karirnya lebih baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan