Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips Mencari dan Mengerjakan Pekerjaan Tambahan

25 Juni 2022   23:42 Diperbarui: 25 Juni 2022   23:46 83 24 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber gambar: pixabay.com

Tuntutan kebutuhan hidup sering mengharuskan seseorang untuk mencari penghasilan tambahan. Salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan mengerjakan pekerjaan tambahan di samping pekerjaan utama.

Ada beberapa tips untuk mencari dan melakukan pekerjaan tambahan.

Pertama, manfaatkan jaringan dan pertemanan. Dengan memanfaatkan jaringan dan hubungan pertemanan maka akan didapatkan informasi tentang pekerjaan tambahan yang bisa dikerjakan di luar pekerjaan utama. Jaringan di sini termasuk pula hubungan dengan atasan. Tanyakan kepada atasan mungkin dia punya tugas-tugas tambahan bagi anda yang dihitung sebagai pekerjaan lembur.

Kedua, carilah pekerjaan tambahan yang tidak sama dengan pekerjaan utama. Hal ini mempunyai beberapa manfaat. Pertama, menghindarkan kejenuhan atau kebosanan sehingga dalam mengerjakan pekerjaan tambahan akan lebih produktif dan dengan demikian menghasilkan pendapataan tambahan yang cukup besar. Kedua, menambah ketrampilan sehingga berguna untuk berjaga-jaga jika kantor di mana pekerjaan utama dilakukan tiba-tiba tutup atau melakukan pengurangan tenaga kerja dan anada termasuk salah satu tenaga kerja yang dikurangi. Ketiga, menambah jaringan juga dengan orang-orang baru di yang terlibat dalam pekerjaan tambahan.

Ketiga, jangan sampai melalaikan pekerjaan utama. Mencari pekerjaan tamabahan untuk mencari penghasilan tambahan harus dilakukan dengan tidak melalaikan pekerjaan utama. Ingatlah bahwa pekerjaan tambahan tetaplah pekerjaan tambahan sehingga yang harus ditekuni dan diutamakan dalah pekerjaan utama.

Keempat, tetap jaga kesehatan. Menjaga kesehatan ketika sudah mendapatkan pekerjaan tambahan di samping pekerjaan utama juga sangat penting. Jangan sampai karena memaksakan diri mengerjakan pekerjaan tambahan selain pekerjaan utama, malah membuat anda sakit.  Dengan jatuh sakit justru anda akan mengeluarkan biaya untuk pengobatan sehingga penghasilan tambahan yang anda peroleh malah akan hilang. Di samping itu dengan jatuh sakit maka justru pekerjaan utama juga akan terganggu. Cara menjaga kesehatan ini antara lain: jangan memaksakan pikran dan tenaga terlalu keras untuk pekerjaan tambahan, rajin berolahraga, dan istirahat yang cukup.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan