Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Saya Tak Menyombongkan Diri sebagai Anak Tentara

26 November 2021   12:44 Diperbarui: 26 November 2021   14:48 219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: http://www.dinfos.osd.mil/ via id.wikipedia.org

Saya dan tiga saudara kandung saya tak pernah menyombongkan diri sebagai anak tentara.

Ayah saya almarhum adalah seorang tentara dengan pangkat kapten yang sebenarnya tak boleh dipandang sebelah mata.

Tapi saya dan saudara-saudara saya tak pernah sekalipun menyombongkan diri dan jadi jumawa. Sebab ayah selalu meminta supaya kami hidup biasa dan sederhana. Ayah juga hidup sederhana karena kesejahteraan tentara waktu itu belum setinggi sekarang  adanya. Ayah seorang jujur dan selalu menjaga perilakunya. Tak pernah sekalipun marah dengan menunjukkan bahwa ia seorang tentara kecuali, seingat saya, pada suatu kesempatan.

Suatu kesempatan itu adalah ketika ada pengendara sepeda motor yang ugal-ugalan yang nyaris menabrak saya waktu saya naik sepeda. Ayah marah waktu itu dan sempat membawa pistolnya. Saya maklum tindakan ayah karena mungkin itu bentuk kasih sayangnya yang demikian besar kepada saya.

Setelah itu sampai pensiunnya ayah tak pernah lagi menunjukkan diri secara jumawa sebagai tentara. Kami anak-anaknya juga tak pernah menyombongkan diri sebagai anak tentara karena menuruti nasehat dan teladan ayah yang bijaksana.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun