Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Tak Ada yang Gratis di Dunia

27 September 2021   19:47 Diperbarui: 27 September 2021   20:12 156 35 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tak Ada yang Gratis di Dunia
Sumber gambar: pixabay.com

Katanya di dunia ini tak ada yang benar-benar gratis adanya. Jika seseorang mendapatkan sesuatu tanpa membayar maka sesungguhnya orang lainlah yang membayarnya.

Jika pabrik membuang limbah tanpa mengolahnyasecara gratis begitu saja maka masyarakat yang terkena dampak negatiflah yang membayarnya. Pembayaran berupa sakit dan ketaknyamanan lainnya. Sakit harus ke dokter maka harus bayar biaya dokter dan obatnya. Istilah kerennya terjadi eskternalitas yang negatif dari pabrik ke masyarakat sekitarnya.

Jadi tugas pemerintah untuk membuat eksternalitas menjadi internalitas adanya. Pabrik harus dipaksa membangun instalasi pengolah limbahnya. Biaya yang dulunya ditanggung masyarakat harus ditanggung oleh pabrik yang menghasilkannya. Ini keadilan namanya.

Masalahnya pemerintah tak selalu menegakkan aturannya. Kadang oknum pemerintah yang tak menjalankan tugasnya karena disuap oleh pemilik pabrik yang mengeluarkan limbah berbahaya. Uang seringkali memang lebih berkuasa dari segalanya.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan