Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Revolusi, Proklamasi, Reformasi, dan Pandemi

2 Agustus 2021   10:52 Diperbarui: 2 Agustus 2021   10:59 129 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber gambar: lifestyle.kontan.co.id

Inilah perjalanan bangsa Indonesa yang semua berakhir dengan huruf i. Dialah revolusi, proklamasi, reformasi, dan pandemi.

Tuk merebut kemerdekaan harus dijalani dengan revolusi. Revolusi panjang dengan darah yang tertumpah dari para pahlawan untuk kemerdekaan negeri.

Setelah revolusi agar kemerdekaan diakui maka diperlukan proklamasi. Untuk membacakaan proklamasi tentu diperlukan strategi dan nyali yang berani.

Kemerdekaan lalu diisi. Orde lama giliran pertama tuk mengisi. Banyak kemajuan tetapi kemudian harus diakhiri karena ekonomi jatuh dikarenakan inflasi yang tinggi. Orde baru menggantikan, awalnya bagus tetapi kemudian juga jatuh karena demokrasi diselewengkan jadi pemerintahan yang otoriter sekali. Demikian pula terjadi kolusi dan korupsi.

Terjadilah reformasi. Reformasi berhasil menegakkan demokrasi. Ada kebebasan dalam berpendapat dan beropini. Juga berbagai bidang dibenahi. Tapi kemudian datanglah pandemi. Semua rencana dan langkah sejenak terhenti. Lalu semua difokuskan melawan pandemi. Perjuangan melawan pandemi tak kalah berat dengan perjuangan dalam revolusi.

Dalam pandemipun banayak pahlawan gugur terutama mereka yang di garda depan sekali. Yakni para tenaga kesehatan dan orang-orang yang menolong dengan rela hati. Juga para pejabar negeri yang berusaha setengah mati tanpa kenal hari.

Ya perjuangan melawan pandemi membutuhkan kerjasama antar semua elemen negeri. Mari bersatu dan jangan salah menyalahkan sendiri. Semoga Tuhana lekas mengusir pandemi pergi. Dan bangsa Indonesia akan bangkit kembali.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan