Mohon tunggu...
Agung Nugroho
Agung Nugroho Mohon Tunggu...

membaca dan berolahraga

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

A Deadly Secret : Karya Jin Yong yang Jarang Dibikin Film

9 Juni 2014   17:21 Diperbarui: 20 Juni 2015   04:33 676 0 0 Mohon Tunggu...

A deadly secret (Lian Cheng Jue) adalah salah satu karya novelis terkenal Tiongkok Jin Yong. Karya-karya Jin Yong lumayan terkenal di Indonesia dan beberapa diantaranya pernah diputar di TV nasional seperti The Book and The Sword versi 2002 di ANTV; The Legend Of Condor Heroes versi 2003 di Trans, versi 2008 di Indosiar; Flying Fox Of Snowy Mountain versi 1999 di Indosiar; The Return of Condor Heroes versi 1983 dan versi 2006 di Indosiar; The Heaven Sword and Dragon Sabre versi 1986, 2003 dan 2009 di Indosiar; Demi Gods and Semi Devil 2003 di Indosiar; Ode To Gallantry 2002 di Lativi (nama sebelum berganti); State Of Devinity 2000 di Trans; serta The Deer and The Cauldron 1984 di Indosiar serta versi 2001 (saya lupa disiarkan di TV mana).

Dari sejumlah judul-judul karya Jin Yong,A deadly Secret adalah salah satu judul yang jarang dibikin film serta serialnya. A deadly secret sendiri ceritanya dimuat pertama kali di Southeast Asia Weekly pada tahun 1963 dan merupakan karya ke 10 dari Jin Yong. Cerita novel ini baru pernah sekali dibikin film lepasnya pada tahun 1980 serta baru 2 kali dibikin dalam bentuk serial televisi (versi 1989 serta versi 2004). Sangat jauh jika dibandingkan dengan karangan Jin Yong yang lainnya seperti Trilogi Condor Heroes.

Versi 2004 adalah satu-satunya versi cerita ini yang pernah saya tonton. Dalam versi Indonesia menjadi “The Sword Master”. Kualitas gambar dan teksnya bagus. Bisa juga dicari di You Tube komplit dari seri 1 – 36. Tetapi kalau menonton di You Tube siap-siap dng kamus bahasa Tiongkok karena saya belum pernah menemukan yang komplit dengan teks Indonesia atau teks Inggris.

A deadly secret sendiri bercerita tentang kisah TI YUN. Dia adalah seorang yatim piatu yang tidak diceritakan siapa orang tua kandungnya. Ti Yun kemudian dibesarkan dan diajarkan ilmu silat oleh Qi Zhangfa. Ti Yun besar dengan adik seperguruannya yang jg anak kandung gurunya sekaligus wanita yang sangat dia cintai “Qi Fang”. Kehidupan mereka kelihatan damai di desa sampai suatu hari mereka diundang ke kota ke acara ulang tahun saudara seperguruan Qi Zhangfa yaitu Wan Zhensan. Ternyata di kota ;ah penderitaan Ti Yun dimulai. Karena ternyata Wan Gui (anak Wan Zhensan) menyukai Qi Fang dan bersekongkol dengan ayah dan keluarganya mereka menuduh Ti Yun memperkosa dan membunuh seorang pelayan wanita. Mereka kemudian memenjarakan dan menyiksa Ti Yun. Yang lebih parah gurunya menghilang dan Qi Fang terkena siasat Wan Gui dan menikah dengannya.

Dipenjara Ti Yun berkenalan dengan dengan seseorang bernama Ding Dian. Ding Dian pada mulanya selalu menyiksa Ti Yun karena mengira Ti Yun adalah orang yg diutus untuk mengorek rahasia Ding Dian. Dari Ding Dian lah kemudian Ti Yun tahu rahasia kelam gurunya serta ke 2 paman gurunya. Mereka ternyata mengkhianati dan membunuh kakek guru Ti Yun demi mendapatkan kitab silat nomor 1.Ding Dian sendiri dipenjara karena dikhianati oleh seorang pejabat(Ling Tuisi) yang menginginkan kitab tersebut, dan celakanya anak pejabat tersebut menjalin kisah cinta dng Ding Dian. Ding Dian kemudian mengajari Ti Yun tenaga dalam dari kitab tersebut. Setelah bertahun-tahun dipenjara kedua orang ini kemudian menerobos keluar penjara. Malang dalam pelariannya Ding Dian mati oleh prajurit yang mengejar mereka. Ti Yun sendiri dalam pelariannya kemudian mengetahui bahwa Qi Fang ternyata sudah mempunyai seorang anak bernama Kong xincai. Semakin patah hati lah Ti Yun.

Dalam pelarian tersebut Ti Yun menyamar sebagai seorang Biksu dari sekte sesat. Gara-gara penyamaran tersebut Ti Yun berkonfrontasi dengan Shui Sheng seorang wanita muda anak dari salah seorang dari 4 pendekar putih. Setelah kemunculan Shui Sheng saya dalam hati berteriak YESSSS….kelihatannya wanita ini yg akan jadi pasangan Ti Yun (masa tokoh utama silat tdk ada pasangannya), dan tebakan saya tidak salah. Disaat Ti Yun hamper terbunuh oleh Shui Sheng muncullah guru besar aliran sesat tersebut (Xuedao) yang menyelamatkan Ti Yun (karena disangkanya sealirang dengannya). Xuedao malah menangkap Shui Sheng sebagai tahanannya. Mereka bertiga kemudian melarikan diri dikejar oleh 4 pendekar aliran putih (salah satunya ayah Shui Seng) serta saudara sepupu tunangan Shui Sheng. Dalam pengejaran tersebut Xuedao bersama Ti Yun, Shui Seng serta 4 pendekar putih terjebak di gunung es dan tidak bisa keluar karena jalan keluar sudah longsor.

Dalam pertempuran antara Xuedao dengan 4 pendekar putih berhasil dimenangkan Xuedao dengan terbunuhnya 3 pendekar termasuk ayah Shui Seng. Tetapi waktu Xuedao mau membunuh Shui Seng dicegah oleh Ti Yun dan tanpa sengaja aliran tenaga dalam Ti Yun berhasil membunuh Xuedao. Maka di gunung tinggal 3 orang yaitu Ti Yun, Shui Seng dan dan satu2nya dari 4 pendekar putih yaitu Hue Tigan. Selama 6 bulan tinggal di gunung watak asli Hue Tigan mulai muncul. Hue Tigan adalah orang yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. Disinilah kemudian Ti Yun berusaha mati-matian melindungi Shui Sheng, yang pada akhirnya malah membuat Shui Sheng pelan-pelan mulai jatuh cinta padanya.

Setelah berhasil keluar dari gunung Hue Tigan memfitnah Ti Yun dan Shui Sheng telah berbuat amoral di gunung dan bahwa Hue Tigan lah yg telah membunuh Xuedao. Hal tersebut membuat hubungan Shui Sheng dan tunangannya hancur, dan membuat Shui Sheng mau bunuh diri. Untung disaat yang tepat Ti Yun (yang tetap di gunung untuk belajar silat) muncul menyelamatkan Shui Sheng dan membunuh Hue Tigan. Setelah urusan Shui Sheng selesai maka Ti Yun meninggalkannya dan berjanji akan menjenguknya setelah Ti Yun menyelesaikan urusan masa lalunya.

Ti Yun kemudian tahu siapa sebenarnya guru serta ke 2 paman gurunya dan rahasia apa yang terkandung dalam kitab yang diributkan mereka. Tetapi hal itu harus ditebus dengan kematian Qi Fang (dibunuh oleh suaminya sendiri). Ti Yun yang merasa hampa dan merasa lelh dengan urusan duniawi kemudian mengasuh anak Qi Fang dan kembali ke gunung salju tempat dia dulu terjebak. Dan disana ternyata sudah ada Shui Sheng yang dengan setia menunggu Ti Yun kembali.

Oya serial versi 2004 ini dibintangi oleh Wu Yue (sbg Ti Yun); Shu Chang )Shui Sheng) serta He Meitian (Qi Fang)

sumber :

1. http://en.wikipedia.org/wiki/Jin_Yong

2. http://en.wikipedia.org/wiki/A_Deadly_Secret

3. http://en.wikipedia.org/wiki/Lian_Cheng_Jue_%28TV_series%29

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x