Mohon tunggu...
Nugroho Purbohandoyo
Nugroho Purbohandoyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Humas RSI Banjarnegara

senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Layanan Home Care Pilihan Tepat, Kini dan ke Depan

22 November 2022   12:13 Diperbarui: 22 November 2022   22:41 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kepala Instalasi Rawat Jalan RSI Banjarnegara Jawa Tengah, Mamat Setiawan S.Kep. Dok Pri


BANJARNEGARA 
- Kepala Instalasi Rawat Jalan RSI Banjarnegara Jawa Tengah, Mamat Setiawan S.Kep menyatakan jika pelayanan kesehatan di rumah atau home care sangat relevan untuk saat ini dan yang akan datang.

"Konsep pelayanan kesehatan harus berubah, yang tadinya masyarakat yang mendatangi institusi pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas menjadi pelayanan kesehatan yang mendatangi masyarakat. Paragdima bahwa rumah sakit adalah tempat paling penting dalam penyembuhan dan perawatan pasien sudah mulai berubah menjadi perawatan di rumah atau home care," ujar mamat Setiawan.

Untuk diketahui, home care merupakan penyediaan pelayanan dan peralatan profesional perawat bagi pasien dan keluarganya di rumah untuk menjaga kesehatan, edukasi, pencegahan penyakit, terapi paliatif, dan rehabilitatif.


Keperawatan merupakan salah satu pelayanan yang paling banyak digunakan dalam kegiatan home care. Hal ini juga meliputi pelayanan medis dan sosial, terapi fisik, kerja, bicara dan pernafasan, dan terapi gizi. "Pelayanan ini dilakukan satu sampai dua kali sehari dalam tujuh hari selama seminggu," ujarnnya.

Ia menyebutkan, alangkah baiknya jika pelayanan home care menyediakan berbagai jenis layanan perawatan di rumah pasien. Tujuan primer dari pelayanan home care seperti promosi kesehatan dan edukasi, tetapi saat ini sebagian pasien melakukan pelayanan kesehatan di rumah karena adanya kebutuhan perawatan dan atau layanan medis.

Fokus pelayanan ini adalah kemandirian pasien dan keluarganya. Perawat menangani pemulihan dan stabilitasi penyakit di rumah dan mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan gaya hidup, keamanan, lingkungan, dinamika keluarga, dan praktik layanan kesehatan.

"Konsep home care merupakan solusi paling tepat untuk mengantisipasi jumlah pasien yang tidak tertampung di rumah sakit. Konsep home care sudah seharusnya menjadi first option dalam pembangunan kesehatan di Indonesia," sebutnya.

Ia melanjutkan, jika dengan konsep home care maka pasien yang sakit dengan kriteria tertentu (terutama yang tidak memerlukan peralatan rumah sakit) tidak lagi harus ke rumah sakit, tetapi tenaga kesehatan yang mendatangi rumah pasien dengan fokus utama pada kemandirian pasien dan keluarganya.

Berkembangnya home care dikalangan masyarakat menjadi lebih baik jika diimbangi dengan kualitas pelayanannya. Pelayanan asuhan keperawatan salah satunya adalah pemberian pendidikan pada pasien dan keluarga. (*)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun