Mohon tunggu...
Nugroho Purbohandoyo
Nugroho Purbohandoyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Humas RSI Banjarnegara

senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Ganggu Aja! Oh Ini Soal Jerawat

27 September 2022   06:06 Diperbarui: 27 September 2022   06:40 50 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokter Masrurotut Daroen atau Dokter Rury,  Dokter RSI Banjarnegara, Jawa Tengah . Dok Pri

BANJARNEGARA - Hampir menjadi momok setiap insan. Iya, jerawat selalu ditakuti kehadirannya, karena akan mengurang kepercayaan diri, mengurangi sosialisasi seseorang, biasanya remaja dan kaum muda.

Dokter RSI Banjarnegara, Jawa Tengah Dokter Masrurotut Daroen atau Dokter Rury mencoba mengupas apa itu jerawat.

Jerawat adalah peradangan yang tidak biasa atau bahkan pembengkakan pada lapisan epidermis. Jerawat ukurannya bervariasi, ada jerawat besar dan kecil. Biasanya, jerawat telah dibuktikan oleh para ahli dermatologis bahwa mereka muncul di kulit karena iritasi pada beberapa elemen lingkungan seperti debu.

"Debu dapat dengan mudah menyebabkan jerawat muncul karena ini adalah elemen yang sangat sensitif. Ketika debu memasuki lubang pada lapisan terluar kulit yang disebut epidermis, itu akan memblokir lubang dan akhirnya mengiritasi bagian dalam dan bagian yang lebih halus yang menyebabkannya membengkak dan meradang," ujar dokter gemar olah raga ini.

Jerawat biasa terlihat di beberapa bagian tubuh manusia yang terbuka seperti wajah, bahu, leher bahkan di punggung.

Untuk diketahui, secara medis penyebab jerawat adalah melalui upaya membuang lapisan epidermis yang mati. Upaya membuang epidermis akan gagal karena produksi berlebihan pada kelenjar tertentu, yang dikenal sebagai kelenjar sebaceous.

Kelenjar sebaceous berfungsi sebagai pelumas kulit karena menghasilkan dan akhirnya mengeluarkan minyak ke berbagai bagian tubuh. Beberapa bagian tubuh manusia sering mengalami produksi minyak yang berlebihan  terutama di daerah dada, beberapa bagian wajah khususnya antara daerah hidung dan seluruh bagian wajah tubuh manusia.

Minyak yang dihasilkan dari kelenjar sebaceous akan melewati daerah folikel atau jalur kecil sampai ke bagian terluar dari kulit atau epidermis. Awalnya, siklus minyak yang disekresikan oleh kelenjar sebaceous disimpan di bagian paling endodermal kulit.

Kuman dan kotoran dapat menyebabkan iritasi pada bagian endodermal kulit dan pada akhirnya akan menyebabkan munculnya jerawat. Jerawat mengandung nanah. Nanah adalah hal yang memalukan yang harus dibuang. (*)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan