Mohon tunggu...
Nugroho Purbohandoyo
Nugroho Purbohandoyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Humas RSI Banjarnegara

senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Apa Sih Gejala Gagal Ginjal?

22 September 2022   11:45 Diperbarui: 22 September 2022   11:59 164 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokter Syarif Hadi, Dokter RSI Banjarnegara Jawa Tengah. Dok Pri

BANJARNEGARA - Akrab istilah gagal ginjal di sekitar kita, mari waspada, perbaiki kualitas hidup, berolah raga yang cukup, lakukan diet sehat. Demikian ajakan Dokter Syarif Hadi, Dokter RSI Banjarnegara Jawa Tengah.

Umumnya, dengan mengkonsumsi air yang cukup dan menghindari makanan yang dapat mengiritasi ginjal, banyak orang yang mengira akan dapat menghindarinya. Namun, seringkali hal ini tidak selalu terjadi. Ini karena ginjal memiliki banyak fungsi dan oleh karena itu ketika terjadi kesalahan, gejala gagal ginjal jauh lebih luas dan lebih sulit dideteksi.

Ada juga kasus terkadang gejalanya mungkin tidak berhubungan langsung dengan ginjal pada pandangan pertama. Tapi di sini, dengan memahami beberapa peran utama ginjal kita akan melihat bagaimana gejala gagal ginjal ini terjadi.

"Fungsi ginjal yang paling umum dipahami adalah mengeluarkan racun dari tubuh, itulah sebabnya kita tahu bahwa makanan dan air sehat dapat membantunya melakukan pekerjaan itu. Sementara asupan air yang cukup dan diet yang bermanfaat sangat penting, banyak orang mungkin masih membutuhkan sedikit bantuan ekstra," ungkap Dokter Syarif Hadi.

Seringkali karena kerusakan ginjal sulit dideteksi. Gejala mulai terjadi biasanya ketika kerusakan ginjal sudah cukup parah, yang berarti dalam banyak kasus telah terjadi banyak kerusakan sebelum masalah terdeteksi dan intervensi dimulai.

Gejala gagal ginjal biasanya merupakan akibat dari kerusakan jangka panjang dan dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Salah satu tanda gagal ginjal yang harus bisa diketahui oleh dokter adalah kadar kreatinin urin yang rendah. Ketika ini terjadi, kadar kreatinin harus dipantau setelah gejala dilaporkan. Tingkat kreatinin dalam tubuh harus cukup konstan. Ketika kadarnya terlalu rendah dalam urin, ini menunjukkan bahwa ginjal melakukan pekerjaan yang tidak memadai untuk menyaringnya dari darah.

"Akibatnya, kadar kreatinin darah terlalu tinggi dan setelah tingkat tertentu pasien mungkin memerlukan dialisis untuk menyaring darah," tambahnya.

Tubuh selalu berusaha untuk menjaga keseimbangan zat terlarut dalam aliran darah dan ginjal memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan untuk menjaga keseimbangan dalam darah. Ini juga bertanggung jawab untuk menjaga kadar cairan di dalam tubuh dan karena fungsi ini menurun, pembengkakan di tubuh atau retensi cairan adalah gejala gagal ginjal yang umum.

Ini biasanya terjadi di kaki dan kaki. Penumpukan cairan juga dapat terjadi di paru-paru yang menyebabkan masalah besar pada sistem kardiovaskular.

Selain itu, ginjal bertanggung jawab untuk menjaga kadar elektrolit seperti kalium dan natrium. Jika gejala diabaikan, peningkatan kadar elektrolit dalam darah dapat menyebabkan aritmia jantung yang berbahaya dan masalah kardiovaskular

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan