Mohon tunggu...
Nugroho Purbohandoyo
Nugroho Purbohandoyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Humas RSI Banjarnegara

senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Ternyata Demam Penting untuk Pertumbuhan, Tandanya Sehat

29 Agustus 2022   14:37 Diperbarui: 29 Agustus 2022   14:49 82 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokter Hening Widiawati Dok Pri


BANJARNEGARA - Bagaimana penjelasan dokter mengenai demam pada anak? Ini beberapa penjelasan soal demam pada anak, dari dokter Hening WIdiawati, dokter RSI Banjarnegara Jawa Tengah.

Demam pada anak merupakan bagian penting dan sehat dari setiap pertumbuhan anak. Namun hanya sedikit orang yang sepenuhnya memahami peran penting demam dan kebanyakan orang tua takut akan hal itu. Hal ini dapat dimengerti karena kebanyakan dokter juga tidak menyadari pentingnya demam. Tetapi demam membantu membangun sistem kekebalan yang sehat.

Menurut Hening, demam adalah cara tubuh membuang patogen yang menyerang. Ini adalah respon imun yang sehat. Seorang anak yang sehat dapat membuang demam yang berumur pendek tetapi hebat. "Ini bisa menakutkan untuk dilihat, tetapi hanya sistem kekebalan yang sehat yang memiliki energi untuk proses yang sangat aktif ini," ujarnya.

Seorang anak dengan kekebalan rendah tidak akan pernah bisa demam hebat. Mereka sering mengalami demam ringan yang akan berlangsung lama. Mereka adalah para moper. Mereka mungkin merengek, biasanya, tubuh mereka tidak berhasil membuang patogen, yang dapat dilakukan dengan mudah oleh sistem kekebalan tubuh yang sehat.

"Pengobatan demam masih berupa menekannya, sehingga mencegah tindakan penyembuhan alami tubuh. Patogen yang menyerang dibiarkan tinggal, menyiapkan potensi penyakit kronis. Antipiretik, asetaminofen, ibuprofen dan penekan demam lainnya sering disalahgunakan hanya untuk suhu yang lebih tinggi dari normal," jelasnya.

Ia mengatakan, ada yang berkembang di masyarakat pentingnya demam pada anak-anak khususnya. Orang-orang tahu bahwa demam akan naik ke puncaknya, lalu pecah, tidak seperti aksi gelombang laut. Setelah demam, Anda dapat melihat bahwa seorang anak mengalami lonjakan pertumbuhan, baik secara fisik maupun emosional, terkadang keduanya.

Demam didefinisikan oleh suhu oral melebihi 38 derajat celcius. Demam bukanlah penyakit. Ini adalah respon imun yang sehat. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa demam menyebabkan memburuknya penyakit atau komplikasi neurologis jangka panjang.

"Penting untuk memaksimalkan kenyamanan pasien selama demam dan memastikan mereka terhidrasi dengan baik. Langkah-langkah ini mendukung tubuh dalam upayanya. Pasien, jika cukup umur untuk memberitahu, akan menjelaskan dengan jelas apa yang mereka inginkan selama demam," taerang Hening.

Pengobatan demam homeopati mendukung upaya terbaik tubuh, meningkatkan efektivitas respon imun. Ini berarti demam dapat diobati dengan aman dengan meningkatkan efek respon imun.

"Pahami bahwa demam pada anak merupakan respon imun yang sehat. Demam membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang sehat. Hormati mereka, tapi jangan takuti mereka," tandasnya. (*)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan