Mohon tunggu...
Nugrh Adi GG
Nugrh Adi GG Mohon Tunggu... Lainnya - Analis Penelitian dan Pengembangan Bappeda Temanggung

BAPPEDA TEMANGGUNG

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Pemkab Temanggung Menerima KKN Tematik Instiper Jogja

5 Oktober 2022   12:15 Diperbarui: 5 Oktober 2022   12:25 102 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumen Bappeda Temanggung

Dilokasi diantara dua gunung sumbing dan sindoro tepatnya di Kecamatan Kaloran, pada hari selasa, 4 Oktober 2022 Pemerintah Kabupaten Temanggung menerima sejumlah sebelas orang mahasiswa KKN Tematik dari Instiper Yogyakarta. Dalam acara penerimaan mahasiswa hadir  Dr. Maria Ulfah, S.TP.,M.P.,  Wakil Rektor I, Ir. H. Tri Nugroho Budi S.,M.P, Wakil Rektor III,  Dr. Dimas Deworo Puruhito, SP.MP Dekan Fakultas Pertanian Selaku Dosen Pendamping Lapangan KKN Tematik , sebelas Mahasiswa Peserta KKN Instiper  yang berasal dari jurusan Kehutanan, Pertanian, Agribisnis dan Teknologi, Ruri Handayani, SP., M.M beserta Tim Bappeda Temanggung, Camat Kecamatan Kledung dan Kepala Desa Kwadungan Kledung. 

Dr. Maria Ulfah dalam sambutan penyerahan mahasiswa KKN menyampaikan bahwa KKN tematik ini merupakan tindak lanjut dari MOU kerjasama yang telah disepakati antara Pemkab Temanggung dan Instiper Yogyakarta. 

Pada dasarnya kerjasama pelaksanaan KKN Tematik ini berawal dari permintaan dari Kepala Desa Kwadungan Kledung terkait dengan rencana pengembangan Agrowisata Sedadap dilahan marginal dengan tanaman konservasi salah satunya tanaman kopi. 

Di tahun 2019/2020 Instiper telah memberikan bantuan tanaman kopi arabika sejumlah 5.000 bibit kopi yang didatangkan dari Puslit Kota Jember dan sudah di tanam dilokasi Sedadap Kwadungan.

Ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di KKN tematik tahun 2022 di Kecamatan Kledung yaitu Penelitian terkait dengan tanaman kopi di Kwadungan, teknologi konservasi dan pengolahan sampah sampah, agro teknologi, agribisnis, manajemen  desa wisata , dan  inovasi prodak ketahanan pangan lokal.  Ir. H. Tri Nugroho selaku Warek III menambahkan bahwa di wilayah sedadap akan dibuat sebuah konsep Eduagroekowisata dimana lokasi tersebut akan dikembangkan eduwisata wisata,  agrowisata, dan ekowisata dimana dalam edukasi ini ditujukan untuk masyarakat umum, tidak menikmati wisatanya saja tetapi harus ikut memelihara lingkungan.

Sementara itu Ruri Handayani, SP., M.M, yang mewakili dari Kepala Bappeda Temanggung menyampaikan sangat mengapreasi adanya kegiatan kerjasama antara Pemkab Temanggung dengan INSTIPER Yogyakarta yang diwujudkan dalam bentuk pemberian bantuan bibit tanaman kopi, adanya KKN Tematik yang bermuatan mulai dari perencanaan, penelitian, pengadaan teknologi pelatihan, pendampingan, pemasaran dan publikasi, tentunya kami mewakili atas nama pemerintah mengucapkan terimakasih atas bantuannya dan sinergitas yang telah dibangun, walaupun demikian kami selaku yang dituakan di Bidang Litbang Bappeda Temanggung agar dari hasil KKN ini nantinya juga menghasilkan minimal satu inovasi yang bisa dilaksanakan oleh masyarakat dan berkelanjutan.

Selain itu tentunya kami juga berharap agar kegiatan KKN Tematik ini tidak hanya berjalan satu tahun melainkan 2 sd 3 tahun bahkan kalau perlu minimal 5 tahun secara berturut-turut, bahkan kami berharap kegiatan ini bisa di replikasi desa-desa di Kabupaten Temanggung dan Perguruan Tinggi yang lain. Selain itu Camat Kledung  dalam sambutaannya menyambut dengan sangat terbuka dan senang hati dengan adanya KKN Tematik ini, semoga kedepanya tidak hanya dilaksanakan di Desa Kwadungan saja, melainkan bisa dilaksanakan disemua desa yang ada di Kecamatan Kledung. 

Sedangkan Kepala Desa Kwadungan dengan adanya program kerjasama ini sangat senang sekali karena kegiatan tersebut dapat mendukung terlaksananya RPJMD dan RKPDesa,  Pemerintah Desa juga siap untuk dukung penganggarannya melalui APBDesa.

Dokumen Bappeda Temanggung
Dokumen Bappeda Temanggung

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan