Mohon tunggu...
Nugraha Satria Utama
Nugraha Satria Utama Mohon Tunggu... Long-Life Learner

Aksara Merangkai Kata, Kata Menyuratkan Arti, Arti Menyiratkan Makna, Makna Menyimpan Rasa, Rasa hadir atas Rahasia, Rahasia ada Atas Rahasia.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Mengenal Teori Akuntansi | Tugas Besar Teori Akuntansi Prof. Apollo Daito

14 April 2020   11:14 Diperbarui: 14 April 2020   11:29 255 0 0 Mohon Tunggu...

Halo Sobat Cerdas....

Sebelumnya, Tahukah Kamu, Bahwa Akuntansi itu adalah salah satu ilmu penting dalam kehidupan Sehari-hari?

Nah, kita harus tahu bahwa Akuntansi adalah ilmu terapan yang pasti bisa temui sehari-hari. Dari Rumah, Pasar, Toko, Hingga Perusahaan besar sekalipun pasti menggunakan Ilmu Akuntansi, yang tujuan akhirnya hampir sama, yaitu menyediakan informasi finansial dan keuangan lembaganya secara rinci, melihat wacana diatas kita bisa memahami bahwa Akuntansi berkaitan erat dengan kegiatan Ekonomi.

Teori Akuntansi adalah Prinsip dan Konsep definisi yang berkenaan dengan Literatur yang meenjelaskan kaidah Ilmu Akuntansi secara sistematis. Konsep Teori ini yang mendasari pemahaman akan informasi dalam fenomena akuntansi baik dalam perspekstif Ekonomis maupun Finansial, untuk menilai kinerja keuangan dan menyediakan informasi yang digunakan manajemen dan pihak pengguna laporan keuangan untuk menentukan keputusan, gagasan, ide bahkan Alternatif tindakan yang berkaitan dengan prospek lembaganya di kemudian masa.

Seperti Halnya Meracik Masakan yang lezat, tentunya kita butuh Komposisi, resep dan pengetahuan lebih akan Teknik Memasak, bahan baku hingga pengetahuan akan nutrisi,yang terpadu dalam sebuah formula unik. Akhirnya, dengan semua itu,Terciptalah Hidangan Lezat yang bisa menyenangkan hati siapapun yang mencicipinya, bahkan menyehatkan badan dan memberi nutrisi siapapun yang mengonsumsinya, demikian juga hal ini sejalan dengan Ilmu Akuntansi dan terapannya.

>Definisi Teori Akuntansi

banyak sumber yang mendefinisikan Akuntansi dengan beragai sudut pandang keilmuan, namun disini saya akan menuliskan beberapa pendapat yang Top Over The Top mewakili definisi-definisi yang pernah disebutkan antara lain :

 American Acounting Association (AAA) : " Akuntansi adalah Proses Identifikasi, Pengukuran Dan Melaporkan informasi ekonomi untuk menyediakan penilaian, pengukuran dan keputusan yang jelas bagi pengguna Informasinya"

Charles T.Horngen & T.Harisson : Akuntansi adalah sistem informasi pengukur aktivitas Bisnis, Pemrosesan data Menjadi Laporan yang hasilnya dikomunikasikan bagi para pengambil keputusan.

Suparwoto L (1990) : Akuntansi Ialah sistem dan teknik mengukur dan mengelola transksi keuangan pada pihak pengguna Internal dan eksternal perusahaan.

Financial Accounting Standard Board (FASB) : Akuntansi adalah aktivitas Jasa penyediaan informasi kuantitatif dalam pengambilan keputusan ekonomi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN