Mohon tunggu...
LOMBOKios
LOMBOKios Mohon Tunggu... Jurnalis - menjual ide, mencari pahala.

pingin masuk syurga bi ghairi hisab.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Apa Bahaya Ustadz Abdul Somad untuk Singapura?

18 Mei 2022   17:38 Diperbarui: 18 Mei 2022   17:47 103 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Satu jam yang lalu. 4 jam yang lalu. Tujuh jam yang lalu. Demikian keterangan di bawah berita yang bak hujan dari media arus utama di laman Google. 

Terlihat seperti hujan karena jarak waktu tayang dengan berita - berita yang sejenis terlihat begitu ramai. Saat browsing berulangkali dengan nama Ustadz Abdul Somad, pasti lain lagi judul berita dan waktu tayangnya. 

Iya. Bukan hanya media nasional, media luar negeri pun memberitakan pengalaman UAS ini, sebagaimana judul berita yang ditulis CNBC Indonesia. 

"Ramai - ramai Media Asing Soroti Singapura Tolak UAS," demikian judul berita yang terbaca di halaman pencarian utama Google dengan kata kunci UAS, Rabu (18/05/2022) sekitar jam 18.00 Wita. 

Yang menjadi pertanyaan penulis adalah apa sekiranya bahaya UAS buat Singapura sehingga Ustadz populer tersebut sampai harus putar balik ke Indonesia dan kini ramai dibicarakan media, pun netizen yang sudah pupuler dengan nyinyiranya. 

Spekulasi opini hak menyatakan pendapat di muka umum bagi jiwa yang menyangka, termasuk ya dari Saya lah, pun muncul. Itung - itung sebagai salah satu butir hujan diantara ratusan kata yang muncul akibat dari penolakan UAS tersebut. 

Harapannya kemudian, semoga bisa bermanfaat untuk yang membutuhkan manfaatnya, sekaligus mencari jawaban yang semoga bisa ditulis di Kolom komentar deh. (He). 

Bagi Saya pribadi yang jauh dari jangkauan Singapura hanya bisa menilai versi apa ya. Yang jelas perumpamaan saja dah !?. 

Begini. Jika Anda tidak mengizinkan orang masuk ke rumah Anda, maka Anda pasti menganggap orang tersebut berbahaya. Iya, kan?. Itu jika Anda memelihara sifat buruk sangka Anda. 

Tapi, negara tentu tidak bisa disamakan dengan rumah. Walau sama - sama memiliki kepala. Karena perbedaan yang paling nyata antara Rumah dengan Negara itu ya, ya di Anggarannya dan juga luasnya, serta kebijakannya. Pokoknya banyak deh. 

Maksudnya, dari berita yang beredar, Ustadz Abdul Somad sudah memiliki persyaratan yang lengkap untuk memasuki sebuah negara. UAS juga sudah sering keluar masuk ke negara - negara lain, bahkan pernah pula transit di Singapura sebagaimana hasil wawancara yang ditayangkan TV One, Selasa (17/05/2022). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan