Mohon tunggu...
Nurmitra Sari Purba
Nurmitra Sari Purba Mohon Tunggu... Statistician

Menulis untuk mencerdaskan diri sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Apakah VBA Masih Akan Terus Ada?

7 September 2019   19:49 Diperbarui: 7 September 2019   20:18 0 1 1 Mohon Tunggu...
Apakah VBA Masih Akan Terus Ada?
Sumber gambar : excelwithbusiness.com

VBA adalah bahasa pemrograman yang digunakan oleh jutaan orang di dunia.  Bahasa ini ada dalam Excel Macro. Macro digunakan oleh jutaan orang di dunia karena memiliki banyak kentungan di antaranya yaitu seorang pengguna dapat menghemat waktu apabila melakukan tugas yang sifatnya berulang. VBA sendiri merupakan bahasa yang sudah ada sejak beberapa dekade dan tergolong bahasa pemrograman termudah untuk dipelajari jika Anda tidak memiliki background ilmu komputer. 

Popularitas VBA sebenarnya terus terjaga, seperti popularitas Excel, namun ternyata terdapat kekhawatiran dari sekelompok orang apakah VBA akan dihapus dari Microsoft Office dalam waktu dekat ini. Tidak sedikit pertanyaan seperti"Apakah masih layak belajar VBA saat ini?", "Kapan VBA akan dihapus?", "Apa pengganti VBA?", dan sebagainya.

Adalah suatu kesalahan ketika mengatakan "VBA language is no longer supported". VBA masih menjadi bagian penting dari Office desktop, dan akan terus demikian adanya. Yang benar adalah bahwa dukungan VBA kurang dalam aplikasi Office untuk iPad, iPhone, Android, dan web. Ya, VBA tidak menjadi fitur di aplikasi tersebut.

Microsoft menyadari bahwa komunitas pengguna telah menginvestasikan jutaan jam dalam mengembangkan tools VBA desktop Excel, Word dan aplikasi Office lainnya. Mungkin, Microsoft tidak memiliki niat untuk menghapus VBA (saat ini, apakah selamanya?).

Belajar VBA di masa sekarang? Kenapa tidak?

VBA dapat dipelajari oleh siapapun dengan hanya menguras sedikit usaha. Saya pernah bersentuhan dengan bahasa pemrograman seperti Java, Javascript, Python, R, C, dan ketika saya berusaha memahmi VBA untuk pertama kali, VBA masuk ke akal saya dengan cepat. VBA merupakan bahasa yang paling mudah untuk saya kuasai. Tidak ada sintaks aneh seperti kurung kurawal atau kode yang sulit untuk dihafal. 

Saya beri tahu Anda, bahwa keindahan utama dari VBA sebenarnya adalah fitur Macro Recorder. Fitur ini memungkinkan Anda untuk merekam setiap hal yang Anda lakukan, dan kegiatan dari rekaman itu dapat dijalankan kembali nantinya.  VBA sangat efisien dalam hal penulisan kode, VBA mampu memberikan kode secara otomatis apabila kegiatan direkam.

Mempelajari VBA adalah cara untuk membedakan diri Anda dari jutaan pengguna Excel lainnnya di seluruh dunia. Pengguna Excel yang mahir VBA secara instan akan dilabeli sebagai expert user dan keahlian ini sangat dibutuhkan untuk pekerjaan yang kompleks. 

Apabila Anda belajar VBA secara otodidak dan menemui kesulitan Anda akan dapat dengan mudah menemukan bantuan Excel dari orang lain di Google dan Anda juga dapat memberikan solusi kepada orang lain dengan cepat bahkan jika Anda tidak tahu solusinya (thanks for Google, haha, do you know what i mean?)

VBA sudah sejak lama ada dan oleh karena itu banyak sekali dokumentasi dan bantuan yang tersedia. Anda dapat dengan mudah menemukannnya di internet. Bantuan forum adalah sumber utama pendidikan bagi diri saya ketika belajar bahasa pemrograman apapun (thanks again for Google, even it's help me to finish my undergraduate thesys). Komunitas VBA Excel benar-benar merupakan salah satu komunitas online yang sangat dermawan akan ilmu dan juga responsif, orang-orang dapat mengambil keuntungan dari forum ini setiap saat!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x