Mohon tunggu...
Nur Rohmatus
Nur Rohmatus Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswi Universitas di Malang Pendidikan Islam Anak Usia Dini '17

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pahamilah Anak Seperti Memahami Diri Sendiri

21 Mei 2019   21:14 Diperbarui: 21 Mei 2019   21:47 0 1 0 Mohon Tunggu...
Pahamilah Anak Seperti Memahami Diri Sendiri
Sumber Ilustrasi : Sahabat Nestle

Kecerdasan setiap anak memang berbeda -- beda namun setiap orang tua dan pendidik menginginkan setiap anak dan muridnya memiliki kecerdasan yang bagus, maka perlu adanya upaya dalam meningkatkan kecerdasan, yakni dengan memberikan  stimulus dan dukungan terhadap anak namun  sebelum memberikan stimulus dan dukungan tersebut maka alangkah baiknya orang tua dan pendidik  perlu memahami faktor pendukung kecerdasan pada anak antara lain :

  • Faktor  Genetika  (Heritabilitas)
    Pengaruh  genetika yang membuat seseorang cerdas, salah satu ahli berpendapat bahwa kecerdasan di wariskan dan peran lingkungan berperan sedikit dalam mempengaruhi kecerdasan seseorang. Ahli tersebut juga melakukan riset dengan meriset perbandingan IQ anak kembar identik dan kembar tidak indentik dengan menggunakan skor tes  IQ dari anak kembar identik dan tidak identik, jika anak kembar idetik memiliki susunan gen yang serupa jadi jika kecerdasan diturunkan  secara genetik  skor IQ dari anak yang kembar identik lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang tidak kembar identik.
  • Faktor Lingkungan
    Pengaruh lingkungan dalam kecerdasan seseorang sangat besar, beberapa peneliti menyetujui pendapat ini dikarenakan lingkungan sangat mempengaruhi skor IQ pada seseorang meskipun faktor genetik atau keturunan juga mempengaruhi dari kecerdasan seseorang, namun lingkungan juga bisa mengubah kecerdasan seseorang secara drastis, namun terdapat beberapa aspek lingkungan yang mepengaruhi kecerdasan, yaitu cara orang tua berkomunikasi dengan anak dan dukungan yang di berikan oleh orang tua untuk anak. Maka dari itu, pengaruh lingkungan sangatlah besar terhadap kecerdasan yang dimiliki anak.
  • Faktor Nutrisi
    Faktor nutrisi adalah hal yang perlu di perhatikan juga selain kedua faktor diatas, karena nutrisi menjadi asupan utama dari tubuh dan karena dengan bertambahnya zaman yang semakin modern ini banyak sekali makanan  yang  dapat mendukung  kecerdasan anak. Namun orang tua juga harus meperhatikan  jumlah nutrisi yang di dapat dan di butuhkan  anak agar tubuh dapat menyerap semua nutrisi secara maksimal tidak berlebih dan tidak kurang,  dan juga tidak menimbulkan efek samping karena setiap tubuh memiliki batasan  nutrisi tersendiri yang perlu didukung dengan asupan nutrisi yang cukup dan baik. Tubuh yang mendapat asupan nutrisi yang cukup dan benar maka memiliki pembentukan struktur tubuh yang sempurna, begitupun sebaliknya dengan asupan gizi rendah atau berlebih struktur tubuh tidak sempurna.

Dengan begitu  tiga faktor pendukung itu juga penting dalam pembentukan kecerdasan anak, baik dari faktor Genetik, Lingkungan, Nutrisi. Memiliki peranan --peranan tersendiri dari kecerdasan anak.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x