Mohon tunggu...
Siti Nirmala Dewi
Siti Nirmala Dewi Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Mahasiswi Food Science and Technology

Your Future Food Technologist

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN UNS 386 Lakukan Pemberdayaan Masyarakat dengan Diversifikasi dan Pemasaran UMKM

28 September 2022   13:01 Diperbarui: 28 September 2022   13:55 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintah Desa Campaka berupaya dalam meningkatkan eksistensi keberadaan UMKM guna meningkatkan pendapatan daerah. Kepala Desa Campaka, Bapak Wawan Herdiawan menuturkan bahwa UMKM di Desa Campaka kurang dapat bertahan keberadaannya.

"Pemerintah memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM, namun kebanyakan UMKM tersebut hanya berjalan dalam waktu yang singkat. Jadi hanya beberapa UMKM saja yang bertahan sampai saat ini." ucap Bapak Endang, Perangkat Desa Campaka

Mahasiswa KKN UNS kelompok 386 melakukan tindak lanjut mengenai hal yang telah diucapkan oleh (nama, jabatan) tersebut untuk menemukan UMKM yang memerlukan solusi dan inovasi lebih lanjut mengenai produk UMKM yang mereka hasilkan. Mereka melakukan survey kepada masyarakat yang memiliki usaha rumahan yang memiliki keinginan dalam mengembangkan usaha milik mereka. 

Ibu Juju merupakan salah satu warga pemilik usaha keripik bawang di Desa Campaka yang bersedia untuk dibina, salah satu UMKM yang ada di Desa Campaka. UMKM ini berproduksi masih dalam skala kecil dan hanya dijual dalam tiga rasa yaitu rasa original, asin, dan pedas. Melalui program kerja inovasi produk UMKM keripik bawang ini dinilai memiliki potensi untuk dikembangkan dan membutuhkan inovasi untuk meningkatkan dan menarik minat konsumen agar membeli produk tersebut. 

Mahasiswa KKN UNS kelompok 386 turut ikut serta dalam proses pembuatan produk keripik bawang tersebut guna mengetahui kualitas dan kuantitas produk serta diskusi terkait produk keripik bawang seperti kemasan, pemasaran, penjualan, bahan baku, peralatan, pendapatan, harga jual, rasa atau perisa bubuk, dan lain-lain. 

"Hasil dari kegiatan yang ingin kami realisasikan yaitu berupa memberikan inovasi produk keripik bawang dengan menambah rasa-rasa atau perisa bubuk selain rasa original, asin, dan pedas yaitu rasa keju, rumput laut, dan jagung bakar." ucap Rahma Febri, ketua pelaksana program inovasi produk UMKM.

Inovasi produk UMKM haruslah terus dilakukan dalam menghadapi persaingan pasar saat ini. terlebih pada UMKM yang bergerak di bidang makanan. Tujuan dari terlaksananya kegiatan ini adalah meningkatkan wawasan dan kreatifitas masyarakat dalam terus mengembangkan ide bisnis UMKM yang dijalankan.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengembangkan UMKM yang ada di Desa Campaka dengan meningkatkan pola pemikiran masyarakat tentang berwirausaha, meningkatkan pendapatan masyarakat, mengembangkan usaha yang telah ada sebelumnya, dan memberikan inovasi terhadap produk UMKM." ucapnya.

Tidak hanya memberikan gagasan inovasi pada produk UMKM, mahasiswa KKN UNS kelompok 386 juga memberikan pengarahan serta wawasan dalam pengembangan pemasaran produk UMKM tersebut. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa UMKM Desa Campaka yang telah berdiri namun strategi pemasaran yang digunakan masih menggunakan cara konvensional seperti strategi pemasaran dagang keliling dan pemasaran di toko sekitar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun