Mohon tunggu...
nurhafsah
nurhafsah Mohon Tunggu... nurhafsah

PMM Desa Mandiangin

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa UMM Bantu Masyarakat Meningkatkan Kesadaran Bahaya Covid-19

16 September 2020   21:31 Diperbarui: 16 September 2020   21:57 20 1 0 Mohon Tunggu...

Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat Desa Mandiangin Barat akan pentingnya menjaga dan mencegah untuk menghadapi wabah virus Covid-19, para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam program Pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa atau yang biasa disingkat PMM yang di dampingi oleh Dosen Pendamping Lapangan Khusnul Rofida ,S.Pd.,M.M. Terjun langsung untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya Covid-19 dan juga ikut berpartisipasi langsung dalam kegiatan-kegiatan yang ada di Desa Mandiangin Barat.

Dari kurun waktu melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa direspon baik oleh masyarakat sekitar terutama sekretaris Desa Mandiangin Barat, “kegiatan kalian sangatlah membantu untuk menjaga kesadaran masyarakat atas wabah ini,karena sudah beberapa waktu sekitar 3 bulan lalu tidak ada penyuluhan dan masyakarat mulai melakukan hal diluar protokol kesehatan,jadi kami sangat terbantu dan akan mendukung kegiatan kalian” ungkap bapak sekretaris Desa Mandiangin Barat.

Mereka secara langsung membantu kegiatan-kegiatan yang ada di Desa Mandiangin Barat sesuai dengan protokol yang ada. Dalam kegiatan tersebut mereka tentunya di bantu oleh aparat-aparat desa untuk membantu dalam upaya penyadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan virus Covid-19 baik kepada masyarakat desa ataupun di tempat-tempat fasilitas umum.

Tidak sampai disitu para mahasiswa UMM juga turut andil dalam membantu kegiatan-kegiatan masyarakat sekitar seperti membantu membersihkan balai desa, membantu petugas posyandu untuk membagikan obat cacing diikuti dengan pendataan terhadap balita dalain sebagainya.

Tidak hanya itu para mahasiswa UMM juga turut membagikan masker, handsanitizer atau biasa di sebut Covid-19 Starter kit, dan mereka juga akan menyediakan tempat untuk cuci tangan di fasilitas-fasilitas umum yang ada di desa Mandiangin Barat.

Harus disadari perkembangan laju wabah covid-19 ini sangatlah berdampak pada mata pencaharian masyarakat sekitar,terutama kecukupan bahan pokok yang mulai bekurang dan terbatas akibat pemasokkan yang tidak seperti biasanya,guna itu Mahasiswa UMM berkolaborasi dengan masyarakat sekitar untuk tetap sadar akan perkembangan covid-19 ini dan melakukan kegiatan untuk menjaga kelangsungan hidup melalui kesehatan maupun perekonomian.

Masyaraka Desa Mandiangin Barat dan aparat-aparat desa merasa sangat terbantu dengan kehadiran para mahasiswa, dan tentunya hal ini sangat berdampak positif guna meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar akan pentingnya pencegahan akan bahaya covid-19.

Tentunya hal yang dapat di ambil dengan adanya Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa ini mahasiswa dapat belajar yang namanya bersosialisasi dan berperilaku dalam masyarakat karena pembelajaran yang sesungguhnya tidak hanya ada di dalam kelas saja melainkan dalam kehidupan bermasyarakat pun dapat dijadikan suatu plajaran yang berharga untuk bekal kedepannya.

Tentu saja  dengan adanya kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa ini besar harapan tidak hanya menjadi suatu kewajiban yang diberikan kepada mahasiswa saja tetapi agar menjadi bekal yang baik untuk pribadi para mahasiswa dalam pemahaman akan bermasyarakat yang baik yang belum tentu akan didapatkan di dalam perkuliahan yang pastinya akan mereka jalani dan hadapi seiring berjalannya proses kehidupan mereka kedepannya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menunjang kesadaran masyarkat atas kesehatan yang terus tetap diberlakukan di sekitar Desa Mandiangin Barat maupun desa-desa lainnya,walaupun cukup jauh dari perkotaan tidak kalah pentingnya dengan pemberdayaan dan sosialiasi di daerah terpencil yang jauh akan informasi yang kredibel.

#PMMUMM2020

#PMMdesamandianginbarat

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x