Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Administrasi - Pembelajar alam

Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Artikel Utama

Merancang Kegiatan Berkebun Menyenangkan bagi Anak

23 Juli 2021   19:25 Diperbarui: 24 Juli 2021   12:34 733 49 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Merancang Kegiatan Berkebun Menyenangkan bagi Anak
Ilustrasi Merancang Kegiatan Berkebun Menyenangkan Bagi Anak (Dokumentasi pribadi)

Kebun di rumah bukan sekadar life hack. Sarana tumbuh kembang anak yang nyata. Untuk itu diperlukan keterampilan merancang kegiatan berkebun menyenangkan bagi anak.

Pada zamannya, kanak-kanak Poltak, Jonder, Berta, dan Tiur membantu orangtua bekerja di sawah sambil bermain. Begitupun Bambang, Joko, Siti, dan Sri berlepotan tanah menyiangi gulma di ladang sayuran. Era berganti, kini para bocah duduk manis asyik bertanam dengan aplikasi di gawai.

Kini banyak orangtua secara mandiri, komunitas maupun kesatuan sekolah merancang kegiatan di alam melalui berkebun. Berkali mendampingi teruna kebun menyemaikan bibit suka bertanam kepada usia anak. Merancang kegiatan berkebun yang menyenangkan bagi anak.

Tema kegiatan disesuaian dengan usia peserta, karakter komunitas dan kondisi riil di lahan. Semisal bertajuk Ceria di Ladang Gandum. Anak-anak diajak bermain sambil mengenal dan mengamati ladang dandum menguning. Tentunya tetap ada kegiatan bertanam sesuatu.

Utamanya kegiatan edu tani, pembelajaran bertanam sesuai usia. Kid Gardening, Kids on the Farm.... hehe terdengar keminggris ya. Menyesuaikan dengan nuansa anak-anak.

Bagian dari pembelajaran berpengalaman. Setiap peserta didik diajak serta melakukan kegiatan dengan pendampingan. Menumbuhkan kecintaan bercengkerama dengan alam. Juga edukasi bahwa setiap makluk hidup saling membutuhkan perhatian perawatan.

Menikmati keceriaan, antusiasme mereka selama pembelajaran. Kesan keceriaan yang mereka bawa pulang, sungguh terobati semua jerih lelah panitia penyelenggara. Merakit acara gardening for kids, berkebun untuk anak memerlukan perencanaan yang cermat.

Apresiasi atas kerja keras para sahabat dan teruna kebun selaku mentor kanak-kanak. Memperingati Hari Anak Nasional dan gerakan berkebun, ini rangkuman beberapa tip ataupun tutorial gardening for kids. Ketepatan rancangan menjadi kunci keberhasilan acara ini.

1. Fun. Setiap pembelajaran lebih mudah diterima apabila dikemas dengan fun. Belajar sambil bermain sesuai dengan usia dan karakter anak. Kegiatan diselenggarakan dengan suasana berbeda. Semisal lesehan di pendapa terbuka atau gubug (gazebo) di ladang lanjut di lahan terbuka.

Aku bisa cabut singkong (Dokumentasi pribadi)
Aku bisa cabut singkong (Dokumentasi pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan