Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Pembelajar alam

Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Perempuan Pengawin Bunga

14 April 2021   12:34 Diperbarui: 15 April 2021   00:57 698 63 31 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perempuan Pengawin Bunga
Perempuan pengawin bunga (Dokumentasi pribadi)

Perempuan dan bunga konon pasangan yang kompak. Perempuan penggemar bunga. Ada lagi puan pemetik bunga. Kebanyakan perangkai bunga adalah wanita. Nah ini yang berbeda, perempuan pengawin bunga.

Pengawin bunga? Benar, pengawin atau orang yang berprofesi mengawinkan bunga. Mempertemukan serbuk sari dari bunga jantan dengan putik bunga betina. Bagian dari penyerbukan buatan dalam produksi benih.

Hmm... wanginya aroma bunga. Bunga berasosiasi dengan aura harum segar. Namun tidak semua bunga mewangi, beberapa beraroma lumayan kurang enak. Eh ternyata banyak peminatnya. Kenal kan kembang marigold alias kenikir-kenikiran ada pula yang menyebut tagetes. Bau khas rada menyengat.

Marigold punya pasar cukup luas di benua Eropa Barat. Warna cerahnya menghiasi border taman. Untuk memenuhi kebutuhan benihnya didatangkan dari negeri tropis. Indonesia menjadi salah satu pemasoknya.

Memenuhi undangan teruna kebun, simbok dolan blusukan ke produsen benih kembang marigold. Alamak varian warna maupun ukuran dan bentuk kelopaknya bikin ngiler. Besar berwarna dan corak ceria. Jenis hibrida yang dikehendaki pembeli (buyer).

Perempuan pengawin bunga 

Produsen benih memiliki tetua tanaman sebagai induk jantan. Hamparan ini khusus diambil serbuk sarinya. Panenan utamanya berupa serbuk menguning keemasan siap ditaburkan.

Haloo, sebut saja namanya mbak Sari. Perempuan ini dengan telaten menyibak mahkota bunga marigold tangkai demi tangkai. Berbekal penyedot laiknya suntikan besar, mbak Sari mengumpulkan serbuk sari alias polen.

Perempuan pengumpul polen atau serbuk sari (Dokumentasi pribadi)
Perempuan pengumpul polen atau serbuk sari (Dokumentasi pribadi)
Pada jenis tanaman bunga yang lain digunakan kuas mungil untuk mengumpulkan polen ini. Nah mahkota bunga marigold cukup besar dan penggunaan alat sedot ini mengefisienkan pekerjaan.

Satu polibag tanaman marigold berbunga puluhan kuntum. Sreet sekian detik serbuk sari dari satu kuntum selesai disedot. Akumulasi menjadi satu polibag. Berlanjut benjadi satu bedeng tanaman.Hasilnya inilah serbuk sari keemasan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN