Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Pembelajar alam

Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Buah Kesemek, Persimmon Lokal si Buah Genit Primadona dari Selo

30 Juni 2020   21:41 Diperbarui: 30 Juni 2020   21:33 130 24 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Buah Kesemek, Persimmon Lokal si Buah Genit Primadona dari Selo
Buah Kesemek Persimmon Lokal (dok pri)

Sahabat pembaca Kompasiana, pecinta buah lokal? Kenal kan ya dengan buah kesemek,  persimmon lokal si buah genit. Tampil berbedak agak menor menggoda pembeli. Senyampang sedang musimnya, mari bergegas mendapatkannya, menyantapnya dan menikmati aneka khasiatnya.

Kalender musim buah Indonesia

Letak geografis Indonesia yang berada kawasan di khatulistiwa memiliki banyak keistimewaan. Salah satunya adalah keragaman hayati yang luar biasa. Termasuk aneka tanaman penghasil buah yang lezat. Ketersediaan buah melimpah di sepanjang tahun.

Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian Pengembangan Pertanian mempersembahkan kalender musim buah Indonesia. Kalender ini memiliki ragam fungsi untuk optimalisasi. Termasuk bagi kita penikmat buah lokal.

Musim buah Kesemek (sumber: indonesia.go.id)
Musim buah Kesemek (sumber: indonesia.go.id)
Semisal di penghujung Juni yang beralih ke bulan Juli, buah apa saja ya yang sedang musim. Selain jeruk keprok (Citrus reticulata) di pasar tersaji melimpah buah kesemek (Diospyros kaki). Penampilan keduanya memikat mata dengan cerlang kuning keemasannya.

Buah Kesemek, Persimmon lokal si buah genit, primadona Selo

Mendapatkan buah lokal kesukaan dengan cara membeli baik secara langsung di pasar, kios buah ataupun pemesanan daring sudah umum. Mari kita menyimaknya langsung dari pohon di kebun produsen. Nikmati sensasi yang berbeda.

Bulan Mei, Juni, Juli adalah masa panen buah kesemek, panen raya di bulan Juni. Salah satu sentra produksi nasional adalah Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Fisiografi Kecamatan Selo, senada dengan namanya yaitu sela atau di antara. Berada di lekukan antara G. Merbabu dan G. Merapi. Lingkungan yang mendukung pertumbuhan pohon Kesemek.

Memiliki iklim yang sejuk dengan pemandangan alam yang menawan. Sepanjang jalan raya jalur wisata Solo Selo Borobudur (SSB) pohon kesemek tampil sarat buah meranum. Beberapa sangat pendek dengan buah menjuntai.....

Dahan sarat dengan buah kesemek (dok pri)
Dahan sarat dengan buah kesemek (dok pri)
Mengenang kembali kunjungan beberapa tahun yang lalu di kebun kesemek. Menurut Pak Haryono, PPL di Kecamatan Selo, potensi buah kesemek ini luar biasa. Kini setiap tahun ekspor kesemek ke Singapura melalui eksportir di Surabaya. Menjadi primadona buah lokal dari Kecamatan Selo.

Kesemek (Diospyros kaki) adalah jenis  buah-buahan dari genus Dyospiros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan kledhung, kaki, sharon, persimmon. Buah kesemek yang matang berwarna antara oranye kekuningan, oranye kemerahan dan berukuran diameter antara 2-8 cm.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN