Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Pembelajar alam

Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Setiap Kita adalah Partikel dan Hara dalam Lingkungan Hidup

5 Juni 2020   13:25 Diperbarui: 5 Juni 2020   19:48 180 44 22 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Setiap Kita adalah Partikel dan Hara dalam Lingkungan Hidup
Ilustrasi (Sumber: Pixabay/thommas68)

Tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day), sebagai tonggak awal adalah penetapan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1972. Bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran, mengembangkan rasa memiliki dengan melakukan tindakan positif secara nyata dalam gerakan melindungi alam dan planet Bumi.

Anak bumi

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2020 ini mengambil tema "Time For Nature". Setiap kita disadarkan bahwa pemenuhan kebutuhan pokok yaitu pangan, sandhang, dan papan kita berasal dari bumi. Kita adalah anak bumi.

Pangan, ya seluruh jenis makanan yang kita santap berasal dari bumi. Air yang kita minum berasal dari ibu bumi. Begitupan setiap hirupan udara untuk bernafas. Keragaman hayati yang menjamin kesediaan pangan.

Sandhang, alias pakaian yang kita kenakan juga berasal dari bumi. Mulai dari peradaban awal, berpakaian daun, kulit batang hingga kulit hewan buruan. Hingga era budidaya, tenunan aneka serat hasil bumi.

Begitupun papan yaitu tempat bermukim kita. Iklim yang menunjang kehidupan secara maksimal dan bermartabat. Bumi tempat manusia menyatakan eksistensi sebagai hasil ciptaan yang berakal budi.

Pemeliharaan kehidupan kita juga berasal dari bumi. Saat sakit, bumi menyediakan sarana kesembuhan berupa aneka obat. Saat penat, bumi menyediakan diri menyegarkan kembali melalui proses healing.

Pendek kata, kehidupan manusia sangat bergantung pada kemurahan bumi. Mereguk setiap manfaat dari alam. Lalu timbal balik seperti apa yang kita lakukan untuk menjaga kelestariannya?

Aneka pendekatan dalam menumbuhkan dan merawat kesadaran cinta bumi. Salah satu komponen dari lingkungan hidup adalah partikel dan hara. Saya mengambil pendekatan tersebut untuk belajar memahaminya.

Partikel, zarah dan hara (sumber: olahan grafis)
Partikel, zarah dan hara (sumber: olahan grafis)
Partikel
Partikel menurut KBBI daring adalah unsur butir (dasar) benda atau bagian benda yang sangat kecil dan berdimensi; materi yang sangat kecil, seperti butir pasir, elektron, atom, atau molekul; zarah. Partikel yang identik dengan zarah adalah unit terkecil kehidupan.

Terpikat dengan salah satu buku bacaan. Partikel adalah judul buku karya Dee (Dewi Lestari) dan Zarah adalah pelaku utamanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x