Mohon tunggu...
novy khayra
novy khayra Mohon Tunggu... Aspire to inspire

Novy Khusnul Khotimah, S.I.Kom, M.A - Pegawai Negeri Sipil Jelata - Lulusan Master Universitas Gadjah Mada yang pakai beasiswa - Penulis Buku Pemula - Cita-cita keliling dunia dengan yang tercinta

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Sisi Positif dan Negatif dari Hobi Koleksi Barang

5 Mei 2021   19:30 Diperbarui: 5 Mei 2021   19:39 386 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sisi Positif dan Negatif dari Hobi Koleksi Barang
Judul (sumber :dok.pribadi dengan desain melalui canva)

Mengoleksi barang adalah salah satu hobi menarik yang dimiliki sebagian orang bahkan level organisasi hingga negara di dunia. Bentuk koleksinyapun bermacam-macam mulai dari koleksi barang sederhana hingga barang yang mewah. Hobi mengoleksipun tidak dibatasi oleh usia ataupu jender. Siapapun bebas mengoleksi sesuai dengan pilihan dan preferensinya. Namun tahukah kamu bahwa dalam mengoleksi ternyata ada nilai atau sisi positif dan negatifnya yang bisa membawa keuntungan atau kerugian tergantung pengelolaan masing-masing orang. Berikut ini pandangan saya  mengenai sisi positif dan negative dari koleksi barang. Apa sajakah itu?

Sisi Positif Koleksi Barang

Bagai dua sisi mata uang, demikian pula dengan perilaku koleksi barang. Koleksi barang memiliki sisi positif dan negatif. Sisi positif dari koleksi barang antara lain :

Membentuk identitas dan aktualisasi diri

Mengoleksi barang dapat menunjukkan identitas seseorang sekaligus sebagai wahana untuk beraktualiasai diri. Misal adalah mengoleksi tanaman Monstera adansonii adalah tanaman mahal yang sedang tren. Bagi beberapa orang bertanam dan mengikuti pameran tanaman ini menjadi ajang aktualisasi diri sekaligus menunjukkan identitasnya. Disisi lain juga dapat menemukan teman lain yang memiliki kesamaan hobi dengan dirinya. Bertemunya orang-orang yang memiliki satu hobi ini dapat berkumpul menjadi club sebagai pennggemar hobi yang serupa.

Mengasah kreativitas 

Manfaat yang didapat dari koleksi barang salah satunya adalah mengasah kreativitas. Misalkan saja bila mengoleksi hasil fotografi  dari hasil jepretan atau mengoleksi hasil karya tulis yang dibuat sendiri, dan mengoleksi hasil lukisan karya pribadi. Dengan semakin menekuni hobi mengoleksi barang dari hasil karya sendiri semakin lama dapat mengasah kreativitas untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi pribadi.

Menghias dan memperindah  rumah

Koleksi barang tertentu juga dapat menjadi hiasan dinding di rumah. Misalkan hobi jalan-jalan ke berbagai daerah di Indonesia atau belahan dunia lain, souvenir yang dikumpulkan dari daerah-daerah tersebut dapat dipajang di etalase atau didinding rumah sebagai hiasan.  Dari melihat hiasan ini sekaligus sebagai pengingat bagi sang kolektor terhadap momen-momen yang telah dilalui selama jalan-jalan.

Reprentasi instrumen investasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN