Mohon tunggu...
novy khayra
novy khayra Mohon Tunggu... Aspire to inspire

Novy Khusnul Khotimah, S.I.Kom, M.A - Pegawai Negeri Sipil Jelata - Lulusan Master Universitas Gadjah Mada yang pakai beasiswa - Penulis Buku Pemula

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Lagu-Lagu Ramadhan Favorit yang Bikin Nostalgia

22 April 2021   13:52 Diperbarui: 22 April 2021   13:57 482 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lagu-Lagu Ramadhan Favorit yang Bikin Nostalgia
Lagu-lagu favorit Ramadhan yang Bikin nostalgia (sumber: desain cleanpng.com)

 

Atmosfir puasa terasa kurang lengkap bila tidak memperdengarkan lagu-lagu tentang Ramadhan. Hampir tiap tahun lagu-lagu Ramadhan selalu dibuat, namun tidak semua dapat diingat. Karena semua lagu ada masanya, sedangkan lagu yang paling mudah dihafal adalah lagu-lagu masa kita masih kecil. Meskipun tidak dipungkiri lagu-lagu yang datang kemudian juga menyentuh perasaan. Bagaimanapun setiap orang punya preferensi masing-masing tidak terkecuali untuk lagu reliji ramadhan favorit, termasuk saya.Berikut ini lagu-lagu ramadhan favorit saya yang membawa pada nostalgia masa kecil :

Marhaban Ya Ramadhan -- Hadad Alwi

Saat kecil saya hobi bernyanyi dan berkaraoke. Dari sekian daftar lagu yang saya nyanyikan, Hadad Alwi merupakan penyanyi favorit saya.  Sebagian besar lagu yang diciptakannya saya hafalkan. Diantara lagu-lagu tersebut ada salah satunya adalah lagu berjudul Marhaban Ya Ramadhan. Lagu yang ceria, ear catching, dan tidak menghilangkan nilai reliji serta mudah dipahami oleh anak-anak. Lagu ini juga salah satu yang tak lekang oleh waktu, karena sampai sekarang juga masih sering didengar dan dinyanyikan oleh anak-anak.

Arti Puasa

Hampir seangkatan dengan Tasya, setidaknya saya menyukai lagu ini karena menyanyi sekaligus belajar.  Lagu Arti Puasa ini memberikan definisi apa arti dari puasa. Puasa adalah tidak boleh makan, tidak boleh minum, dan mengendalikan perilaku seperti dilarang berbohong, marah, dan sebagainya. Dengan adanya lagu Arti Puasa, setidaknya meluruskan rumor yang beredar diantara anak kecil bahwa saat puasa dilarang BAB.

Lagu ini benar-benar dibuat berdasarkan perspektif anak kecil yang biasanya baru latihan atau pertama kali menjalani ibadah puasa. Dari lagu ini juga mengingatkan nostalgia lagu anak-anak secara umum bahwasanya anak-anak yang hidup dan lahir tahun 90-an adalah yang paling beruntung pada masanya dalam dunia musik. Alasannya adalah selama sejarah Indonesia tidak pernah penyanyi, pencipta, dan lagu anak-anak yang lebih banyak daripada kurun waktu tahun 1990 -- 2000.

Puasa - Bimbo

Nostalgia lagu favorit berikutnya adalah datang dari pentolan lagu reliji di Indonesia yaitu Bimbo. Seingat saya tidak ada yang lebih senior daripada beliau-beliau ini. Oleh karena sebagai salah satu dari generasi yang pertama, maka tidak heran jika lagunya sering diperdengarkan di Televisi dan Radio komersial pada zaman saya masih kecil.

Menurut saya, Band Bimbo inilah pelopor sekaligus inisiator munculnya penyanyi dan band reliji di Indonesia selain Nasidaria. Dengan warna music semi pop, tidak heran lagu-lagu Bimbo termasuk berjudul puasa mudah diterima masyarakat dengan berbagai latar belakang budaya maupun usia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN