Mohon tunggu...
novy khayra
novy khayra Mohon Tunggu... Aspire to inspire

Novy Khusnul Khotimah, S.I.Kom, M.A - Pegawai Negeri Sipil Jelata - Lulusan Master Universitas Gadjah Mada yang pakai beasiswa - Penulis Buku Pemula - Cita-cita keliling dunia dengan yang tercinta

Selanjutnya

Tutup

Video Ramadan Lebaran Pilihan

Menyiapkan Menu Berbuka Puasa yang Enak dan Bergizi

17 April 2021   18:18 Diperbarui: 17 April 2021   18:24 476 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyiapkan Menu Berbuka Puasa yang Enak dan Bergizi
Menu berbuka puasa hari ini. (sumber:dokumentasi pribadi)

Berkorelasi dengan artikel saya sebelumnya yang berjudul "Belajar Skill Selama ramadhan yang Bermanfaat Dunia dan Akhirat". Mengaplikasikan skill yang pertama yaitu Memasak dan Menakar kandungan Gizi Makanan. Hal ini saya lakukan sekaligus menjawab tantangan Kompasiana hari ini dengan membuat konten video di Instagram. 

Hari ini saya memasak makanan berbuka puasa yaitu " Udang Goreng Tumis Telur Asin". 

Nah.. Bisa dilihat caranya dibawah ini ya...


Selain membuat menu utama, saya juga membuat menu takjil yaitu "Sop Buah Santan Madu".

Sop Buah Madu. (sumber:dokumentasi pribadi)
Sop Buah Madu. (sumber:dokumentasi pribadi)

Tidak ingin berteori saja seperti artikel saya sebelumnya, mari kita cek kandungan gizi dalam masakan menu utama saya yaitu udang. Udang mengandung protein yang bagus untuk pembentukan sel tubuh. Selain itu, udang juga mengandung berbagai mineral penting yang dibutuhkan tubuh, seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc.

Udang juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, antioksidan, dan yodium yang baik untuk tubuh. Udang memiliki banyak manfaat seperti menurunkan berat badan, menurunkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Serta, mencegah penuaan dini dan osteoporosis. (Hello sehat, 2017)

Tapi sama saja, kalau berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan yaitu dapat menaikkan kadar kolesterol, memicu tekanan darah tinggi, dan dapat menyebabkan kanker. Wah, ngeri juga ya..

Makanya sebagai penyeimbang saya juga menyertakan sop buah sebagai sumber serat. Sop buah yang saya buat hari ini terdiri dari buah timun suri, buah naga da papaya. Saya pikir ketiga buah ini sudah tidak diragukan lagi gizinya, karena mengandung  banyak vitamin, mineral, dan serat.

Buah naga, timun suri, dan pepaya. (sumber:dokumentasi pribadi)
Buah naga, timun suri, dan pepaya. (sumber:dokumentasi pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN