Mohon tunggu...
noviyah
noviyah Mohon Tunggu... Guru - guru di SMK Negeri 1 Purwojati

Saya adalah seorang guru Bahasa Indonesia yang mengajar di SMK Negeri 1 Purwojati. Saya sangat menyukai menulis karena dengan menulis saya mampu mencurahkan ide dan gagasan yang saya memiliki dalam sebuah cerita, baik itu berbentuk cerpen maupun novel. Selain itu, saya juga memiliki hobi jalan-jalan bersama keluarga.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Memaknai Puisi Mampu Membentuk Karakter Generasi yang Unggul

24 Januari 2023   16:00 Diperbarui: 24 Januari 2023   16:06 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendahuluan

Pendidikan telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap individu. Melalui pendidikan seseorang dapat mengembangkan potensi dalam diri, memiliki kreativitas, pengetahuan yang luas, dan kepribadian yang baik serta bertanggung jawab.

Pada dasarnya, pendidikan merupakan proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Di era globalisasi saat ini, peranan pendidikan sangat berpengaruh terhadap orientasi masa depan seseorang.

Sekolah adalah salah satu tempat untuk memperoleh pendidikan. Secara harfiah, sekolah merupakan lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat untuk menerima dan memberi pelajaran. 

Dengan bersekolah kita akan memperoleh banyak pengetahuan dan wawasan yang dapat mengarahkan seseorang untuk menjadi pribadi yang berkarakter. Salah satunya adalah dengan mempelajari puisi pribadi seseorang dapat terbentuk menjadi orang yang berkarakter unggul.

Pembahasan

Puisi merupakan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Puisi juga merupakan seni memilih kata yang dapat mewakili perasaan dan emosi. 

Pembaca akan merasakan dan masuk dalam dimensi yang berbeda melalui kata-kata yang diciptakan. Jiwa yang terbangun dari puisi biasanya mampu menambah pengalaman psikis pembaca dan mampu mengurangi perasaan stress ataupun keputusasaan. Selain sebagai bentuk ekspresi, puisi juga berperan sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan ide atau gagasan terhadap suatu hal atau peristiwa.

Saat ini banyak sekali remaja yang menggunakan kata-kata atau bahasa sehari-hari dengan bahasa yang kasar sehingga kata-kata yang ia ucapkan juga menggambarkan ekspresinya. Bahkan cenderung melakukan perbuatan yang kasar atau tidak semestinya dilakukan oleh seorang rejama apalagi dengan kategori pelajar/peserta didik

Hal itu disebabkan karena pengaruh media sosial yang setiap hari mereka konsumsi melalui gawai yang mereka miliki. Tidak jarang peserta didik yang berkata tidak sopan terhadap teman dan gurunya serta orang lain yang posisinya lebih tua dibandingkan dirinya. Apabila hal demikian dibiarkan maka akan menimbulkan generasi penerus yang kurang berkualitas.

Generasi yang berkualitas adalah generasi yang mampu berjuang menghadapi segala problematika, berwawasan luas, dan memiliki etika yang baik. Hal itu dapat dilatih melalui pembelajaran puisi di sekolah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun