Mohon tunggu...
Novita putri
Novita putri Mohon Tunggu... Mahasiswi ilmu komunikasi

Novita putri

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Ekonomi Masyarakat Masa Pandemi

14 Agustus 2020   15:45 Diperbarui: 14 Agustus 2020   16:21 21 0 0 Mohon Tunggu...

Ekonomi merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan. Dapat dipastikan dalam keseharian kehidupan manusia selalu bersinggungan dengan kebutuhan ekonomi. Keberadaan ekonomi dapat memberikan kesempatan bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seperti makanan, minuman, berpakaian, tempat tinggal, dan lain sebagainya.

Saat ini permasalahan ekonomi masyarakat akibat Covid-19 menjadi topik menarik untuk dibahas, banyak kerugian yang disebabkan oleh covid-19 yang berdampak bagi Perekonomian di Negara  Indonesia pembangunan ekonomi sebuah negara pada dasarnya bertujuan untuk mencapai kemakmuran masyarakat melalui pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan distribusi pendapatan yang merata. hal ini bertolak belakang dengan keadaan indonesia pada tahun 1997/1998 dimana krisis yang pada awalnya adalah nilai tukar kemudian berkembang menjadi krisis perbankan , hingga menjalar kepada krisis sosial dan politik yang berakibat besar pada bangsa indonesia. Tingginya laju inflasi pada waktu itu menyebabkan menurunya daya beli masyarakat, khusus golonga berpendapatan rendah.perubahan jumlah uang dapat mempengaruhi tingkat bunga, dan fungsi konsumsi , jadi jumlah uang menimbulkan perubahan dalam permintaan seluruhnya.

Terutama didaerah tempat tinggal saya di Desa Maligas Bayu, Kec Huta Bayu Raja, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya karena adanya pandemi virus Corona ini (Covid-19). Dampak yang diakibatkan Covid-19 sangat  besar, karena banyak masyarakat yang di PHK atau dirumahkan dari perusahaan tempat mereka bekerja, sehingga masyarakat menjadi pengangguran. Dan untuk melanjutkan hidup masyarakat yang di PHK banyak beralih profesi menjadi buru harian, yang kebanyakan menjadi kuli bangunan. Semenjak adanya pamdemi ini negara memiliki krisis ekonomi yang diperkirakan menjadi lemah dari tahun ke tahun, sebanyak 65,5 persen masyarakat mengatakan pendapatan rumah tangganya menurun di Juli 2020.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan teman-teman semua, Dan demikianlah artikel Ekonomi Masyarakat Masa Pandemi yang dapat saya jabarkan, lebih dan kurangnya saya mohon maaf.

Sumber:
https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/423/240
https://indonesia.cochrane.org/news/covid-19-kumpulan-artikel-ilmiah
Oleh: Novita Putri, Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, UINSU. Peserta KKN-DR Kelompok 135, 2020
DPL: Dr. Mailin MA

VIDEO PILIHAN