Mohon tunggu...
Novitania
Novitania Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Writer and Blogger

Content creator, and Blogger. Coffee and makeup enthusiast. an amateur photografer.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Bangga Jadi Blogger Profesional!

25 Oktober 2022   21:45 Diperbarui: 25 Oktober 2022   22:06 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

"Enak ya jadi blogger, bisa diundang ke berbagai event, dapat penghasilan tambahan plus bisa ketemu temen-temen baru!", ucap teman kuliahku dulu saat kumpul-kumpul kemarin. Aku hanya bisa menjawab, Alhamdulillah  aku bangga jadi blogger dan bersyukur rasanya Allah memberikan jalan untukku bisa berkarya, mendapatkan penghasilan tambahan sambil menekuni hobi menulisku.

Lima tahun menjadi Blogger banyak banget yang aku dapatkan, mulai dari pengalaman, penghasilan tambahan, kesempatan untuk keluar kota dan teman-teman baru yang luar biasa. Rasanya beneran bangga jadi blogger. Eittsss, tapi yang namanya pekerjaan tentu nggak semua menyenangkan ya, tetap ada duka dan pengorbanan dong.

Inget banget deh, waktu di awal-awal aku membangun blog, sering merasa insecure karena tampilan blog yang tidak menarik, tidak punya kamera pendukung, dan lain sebagai. Tapi sekarang, jujur aku tidak merasakan hal itu lagi.  Kenapa? Karena semua jadi lebih mudah, semenjak aku tahu tips dan kuncinya hehehe.

Pasti penasarankan, apa sih tips dan kuncinya?

Bangga Jadi Blogger Profesional dengan 5 Tips Sukses Ini!

1. Tingkatkan Skill Menulis

Artikel adalah produk utama dari sebuah blog. Jika kita memiliki keahlian menulis yang baik, artikel yang kita buat pun akan berkualitas. Perlu diingat bahwa skill menulis harus selalu diasah.

Cara pertama adalah dengan gunakan penjelasan yang sederhana. Tujuannya, agar artikel kita bisa dipahami lebih banyak orang. Sebab, pembaca blog kita bisa saja berasal dari berbagai kalangan dengan tingkat pemahaman yang berbeda.

Selanjutnya, gunakan kalimat dan paragraf yang pendek. Paragraf yang terlalu panjang sering menjadi hambatan bagi pembaca untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Jangan lupa juga untuk perhatikan struktur artikel ya! Tidak semua orang membaca artikel blog kita secara keseluruhan. Tak jarang mereka hanya melakukan skim (baca cepat) untuk menemukan informasi penting saja. Untuk memudahkan pembaca, gunakanlah heading untuk memisahkan beberapa topik. Dengan struktur yang baik, artikel kita akan lebih mudah dipahami.

2. Terus Belajar Hal Baru

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun