Mohon tunggu...
Novitania
Novitania Mohon Tunggu... Content Writer and Blogger

Content creator, and Blogger. Coffee and makeup enthusiast. an amateur photografer.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Tren Kopi di Indonesia: Antara Gaya dan Bahaya!

28 Agustus 2019   18:53 Diperbarui: 29 Agustus 2019   10:18 0 2 3 Mohon Tunggu...

Berapa gelas konsumsi kopimu dalam sehari? Satu gelas? Dua gelas? Atau bahkan lebih dari 5 gelas? Beberapa tahun belakangan ini tren kopi di Indonesia memang tengah naik daun. Tak heran rasanya jika banyak masyarakat yang gandrung akan kopi. Berbagai coffee shop-pun mulai bermunculan. Kopi kini semakin diminati bukan hanya untuk orang tua saja, bahkan anak muda juga turut mengonsumsinya.

Kopi sebenarnya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Namun, yang perlu disadari adalah terlalu banyak minum kopi justru akan membawa dampak buruk bagi kesehatan. Dampak buruk ini disebabkan oleh tingginya kadar kafein dalam kopi.

Berbagai studi menunjukkan, tingginya kadar kafein yang dikonsumsi tubuh, akan memberikan efek samping yang berbahaya. Mengenai berapa jumlah kadar aman konsumsi kafein pada setiap orang tentunya berbeda-beda, tergantung pada kebiasaan dan sensitivitas tubuh pada kafein.

Mengutip Mayo Clinic, normalnya 400 mg kafein per hari dianggap aman untuk orang dewasa. Jumlah ini setara dengan empat cangkir kopi seduh, 10 kaleng cola, atau dua buah minuman energi. Jika lebih dari itu, tentunya akan dianggap berbahaya untuk tubuh.

Lalu, Apa bahayanya jika mengonsumsi kopi terlalu banyak? Nah, berikut ini ada 5 bahaya yang harus diwaspadai para penikmat kopi:

1. Insomnia

Terlalu banyak minum kopi dapat membuat seseorang mengalami insomnia. Studi menunjukan asupan kafein yang tinggi meningkatkan jumlah waktu yang diperlukan untuk tertidur. Kesulitan tidur ini terjadi karena kafein dapat membuat tubuh terjaga rata-rata lima hingga sembilan jam setelah mengonsumsi kafein.

2. Terganggunya Sistem Pencernaan

Konsumsi kafein yang tinggi pada kopi dapat memperburuk penyakit Maag dan GERD. Hal ini disebabkan kafein dapat merangsang gerakan usus dengan meningkatkan gerak peristaltik atau kontraksi.

3. Tekanan Darah Tinggi

Minum kopi terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah karena adanya efek stimulasi pada sistem saraf. Tekanan darah yang meningkat merupakan faktor risiko yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

4. Detak Jantung Meningkat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x