Mohon tunggu...
Novita Mulyani
Novita Mulyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian,Fakultas Pertanian, Universitas Lampung

Teruslah belajar dan berjuang. Teruslah menulis yang bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mengembangkan Augmented Reality Berbasis Android pada Smartphone dengan Tujuan Melihat Khasiat Jahe

27 Juli 2021   08:55 Diperbarui: 27 Juli 2021   09:05 49 1 0 Mohon Tunggu...

Mengembangkan Augmented Reality Berbasis Android Pada Smartphone Dengan Tujuan Melihat Khasiat Jahe Untuk Kesehatan

Oleh : Novita Mulyani 

Pendahuluan

Perkembangan dibidang teknologi informasi saat ini semakin pesat hingga saat ini telah merambah pada konsep ponsel cerdas atau smatrphone. Salah satu gagasan untuk mengoptimalkan kegunaan smartphone khususnya bagi masyarakat adalah penerapan teknologi Augmented Reality, yaitu teknologi yang menggabungkan objek dunia maya dengan dunia nyata secara realtime. keunggulan yang ditawarkan teknologi ini antara lain mampu memunculkan teks, animasi, dan virtual reality itu sendiri. 

Manfaat dengan adanya aplikasi mobile ini bagi mahasiswa dapat mengembangkan teknologi dalam dunia pendidikan untuk membantu pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian mahasiswa terhadap pendidikan di Indonesia, terkhusus di Lampung. Bagi bidang pertanian manfaat dari mobile phone ini dapat melihat bentuk jahe secara tiga dimensi, dan dapat melihat khasisat jahe itu sendiri.

Jahe (Zingiber officinale) merupakan tanaman rempah yang berasal dari Asia Selatan, dan sekarang telah tersebar ke seluruh dunia. Di kawasan Asia, jahe telah dimanfaatkan sebagai bahan bumbu masakan dan bahan obat tradisional sejak ribuan tahun yang lalu. 

Di Indonesia, tiga jenis jahe (jahe sunti, jahe gajah dan jahe emprit) banyak dibudidayakan secara intensif di daerah Rejang Lebong (Bengkulu), Bogor, Magelang, Yogyakarta, dan Malang, dan dimanfaatkan untuk bumbu masakan, bahan obat herbal dan untuk minuman (Santoso, 2008). Selanjutnya Sebagai bumbu masakan, kandungan zat gizi dalam jahe dapat melengkapi zat-zat gizi pada menu utama dan membantu melancarkan proses pencernaan.

Dengan potensi yang begitu besar tersebut tentunya dapat menjadikan masyarakat Indonesia hidup sejahtera dan jauh dari kata kemiskinan. Sayangnya, sebagian besar masyarakat Indonesia dengan persentase penduduk miskin perkotaan pada Maret 2020 sebesar 7,38% naik menjadi 7,88% pada September 2020. Sementara itu, persentase penduudk miskin perdesaan pada Maret 2020 sebesar 12,82%, naik menjadi 13,20% pada September 2020. Mayoritas pekerjaan masyarakat Indonesia di pedesaan  adalah sebagai petani. Namun sampai saat ini, sebagian besar petani masih menggunakan cara tradisional yaitu belum mampu mengolah jahe menjadi sebuah produk sehingga hanya sampai batas panen saja. Sehingga hasil pendapatan petani belum mamu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Gagasan Penulis

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan obyek-obyek maya yang ada dan dihasilkan (generated) oleh komputer dengan benda-benda yang ada di dunia nyata sekitar kita, dan dalam waktu yang nyata Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. 

Hal ini membuat Augmented Reality sesuai sebagai alat persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kedokteran, latihan militer, hiburan, desain mesin. Augmented Reality juga digunakan dalam bidang pertanian, walaupun dalam penggunaannya masih kurang dipotimalkan.

  • Metode Waterfall
  • Dalam pembuatan AR Media ini dilakukan beberapa tahap kegiatan, yaitu :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN