Mohon tunggu...
novita meilina anggraini
novita meilina anggraini Mohon Tunggu... Writerr

Saya belajar menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa USM Laksanakan Program KKN dengan Menggandeng Lansia Gerakan Edukasi Aplikasi Virtual Meeting

17 Juni 2021   12:29 Diperbarui: 17 Juni 2021   12:28 43 1 0 Mohon Tunggu...

Grobogan, 17 Juni 2021- Menjawab tantangan dimasa pandemi Covid-19 Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang mengadakan kegiatan kuliah nyata (KKN) dengan mengusung tema "Back To Village". Dengan digunakannya tema tersebut, maka seluruh kegiatan pengabdian dilakukan di tempat domisili mahasiswa.

Meilina (21 tahun), salah satu mahasiswa Universitas Semarang yang saat ini menginjak semester enam secara aktif lakukan kegiatan KKN ditempat tinggalnya LK. Pandean RT.02/ RW.01, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan. Kegiatan yang diusung adalah edukasi kepada lansia mengenai penggunaan smartphone untuk kegiatan pertemuan tanpa tatap muka (virtual meeting). Kegiatan tersebut dilakukan setelah melakukan pengamatan terhadap masyarakat setempat mengenai kebutuhan akan edukasi  yang belum terjamah oleh pihak lain.

Dengan adanya kegiatan edukasi ini, diharapkan para lansia yang tidak dapat berjumpa dengan sanak saudara dikarenakan masa pandemi covid-19 masih dapat melakukan komunikasi secara masif dan mandiri tanpa harus mengandalkan orang lain.

Selain itu, Sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh Saifur Rohman Cholil selaku pembimbing KKN Back To Village yang meminta mahasiswa untuk menghindari terjadinya kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan kegiatan KKN. Maka kegiatan edukasi ini dilakukan secara door to door untuk menghindari kerumunan dan dengan harapan edukasi yang dilakukan dapat diimplementasikan secara maksimal oleh peserta.

Suwoyo dan Minah yang merupakan peserta dari kegiatan ini mengaku senang atas keterlibatan Meilina yang memberi arahan dan pendampingan terkait dengan penggunaan smartphone sebagai media pertemuan online dengan anak- anaknya yang sudah dua tahun tidak dapat pulang dikarenakan masih dalam masa pandemi covid-19. Sebagai pendukungnya, Meilina menyiapkan poster tentang cara pengoperasian berbagai macam media virtual meeting yang ditempelkan dibeberapa tempat strategis.

VIDEO PILIHAN