Mohon tunggu...
Novita Mandasari
Novita Mandasari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pembelajar

Seorang istri sekaligus pengajar

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Aplikasi GueSehat Membantu Saya Menjadi Istri yang Tanggap terhadap Kesehatan Keluarga

4 November 2017   23:40 Diperbarui: 15 November 2017   15:55 864
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aplikasi GueSehat (Foto:Kompasiana.com)

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah harapan setiap orang. Bila tubuh sehat pekerjaan apa saja bisa dilakukan dan sebaliknya bila tubuh tidak sehat (sakit) maka akan menyulitkan kita beraktivitas. Banyak cara yang dilakukan orang untuk memperoleh tubuh yang sehat. Mulai dari berolahraga, menjaga pola makan, menjaga pola tidur, rutin check-up kesehatan, hingga mengonsumsi suplemen.

Seluruh organ tubuh manusia adalah satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Artinya apabila ada salah satu organ tubuh kita ada yang sakit maka akan mempengaruhi sistem kerja organ tubuh yang lain. Oleh sebab itu tidak bisa hanya menjaga kesehatan jantung  sementara kesehatan usus, atau lambung tidak dijaga.

Bulan Juli lalu, seorang dokter mendiagnosa terdapat miom (sejenis daging tumbuh) di rahim saya dan menurutnya harus segera diangkat. Saya dan suami kaget mendengar pernyataan tersebut. Pola hidup saya yang tidak menjaga pola makan dan lebih sering makan makanan cepat saji kemungkinan sebagai pemicunya.

Pasca operasi, selama dua minggu saya diharuskan bedrest. Saya menyadari akibat lalai menjaga kesehatan, akhirnya membuat saya tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasa. Dampak yang ditimbulkan tidak saja bagi saya tetapi juga bagi keluarga dan tempat kerja. Belajar dari hal tersebut penulis mulai memperbaiki pola hidup.

Saya mulai mengubah pola makan dengan food combining. Satu minggu pertama melakukan pola makan food combining memang terasa berat. Sering sekali kami hampir tergoda dengan makanan di warung makan atau angkringan. Ditambah lagi sebenarnya saya bukanlah perempuan yang senang memasak. Akan tetapi membayangkan pengalaman pernah dirawat di rumah sakit rasanya lebih baik makan apa yang dimasak sendiri.

Peluncuran GueSehat (Foto:Kompasiana.com)
Peluncuran GueSehat (Foto:Kompasiana.com)
Untuk menambah pengetahuan tentang kesehatan, saya juga mulai rajin membaca artikel-artikel dengan tema kesehatan di internet. Saat sedang mencari-cari informasi tentang kesehatan, saya menemukan artikel tentang peluncuran aplikasi GueSehatpada akhir bulan September lalu.  

Merasa aplikasi tersebut menarik sekaligus penting, penulis langsung mendaftarkan diri di GueSehat.com dan mulai sering berselancar disana. Ternyata benar, banyak informasi yang penulis temukan. Di dalam aplikasi itu banyak fitur-fitur yang menyajikan seputar kesehatan seperti artikel tentang kesehatan, rumah sakit, dokter, tempat olahraga, kecantikan, event kesehatan, tumbuh kembang anak, forum diskusi dan bagi para perempuan juga ada fitur yang membantu untuk menghitung masa subur.  

Selain itu, di aplikasi GueSehat juga terdapat fitur "sakit apa" yang membantu kita untuk mengetahui kemungkinan diagnosis penyakit yang diderita dengan menuliskan gejala yang kita alami. Kemudian hasil tersebut bisa didiskusikan di fitur "forum", pertanyaan kita akan cepat direspon oleh dokter-dokter di GueSehat.

Aplikasi ini membantu saya untuk cepat tanggap terhadap kondisi kesehatan.  Dengan adanya GueSehat saya dapat berkonsultasi dengan dokter tentang kandungan vitamin yang terdapat di dalam buah, sayur, dan lain-lain. Pola makan food combining  yang saya lakukan menjadi sangat terbantu. GueSehat sangat membantu saya menjadi istri yang cepat tanggap terhadap kondisi kesehatan keluarga.

Kesehatan adalah harta yang paling berharga. Oleh karena itu mari menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga. Dengan menjaga ksehatan maka kita sedang melakukan investasi untuk masa depan. Sebagai seorang ibu, harapannya adalah ingin melihat anak-anak tumbuh hingga dewasa dan membangun keluarga sendiri. Hal itu dapat tercapai bila tubuh sehat, bebas dari segala macam penyakit.

Menjaga kesehatan sebenarnya tidaklah mahal tetapi mengobati penyakit sangat mahal. Dengan aplikas GueSehat kita bisa mengontrol kesehatan kita dan keluarga. Melalui aplikasi GueSehat setiap orang bisa mendapatkan tips dan informasi kesehatan dari dokter-dokter terbaik di Indonesia. Jangan tunggu hingga sakit baru menjaga kesehatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun