Mohon tunggu...
novita dwi aryani
novita dwi aryani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya memiliki hobi membaca dan menonton film. Untuk cita cita saya ingin menjadi guru dan alhamdulillahnya saat ini saya sedang menempuh kuliah pada jurusan PGSD

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Muhammadiyah yang Saya Kenal

6 Januari 2023   17:20 Diperbarui: 6 Januari 2023   17:31 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Muhammadiyah Yang Saya Kenal

Oleh: Novita Dwi Aryani_188_FKIP_PGSD

Dalam artikel kali ini saya ingin menuliskan atau menceritakan pemahaman Muhammadiyah Yang Saya Kenal selama ini. Sebelumnya saya adalah orang yang tidak mempunyai latar belakang Muhammadiyah sama sekali. Karena dari kecil saya berada di lingkungan yang berlatar belakang Nadhatul Ulama (NU). Tetapi saat ini saya sedang menempuh sekolah di perguruan tinggi Muhammadiyah. Perguruan tinggi tersebut ialah Universitas Muhammadiyah Malang yang berada di malang jawa timur. Sebelumnya saya mengetahui beberapa hal tentang perbedaan Nadhatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah ini yaitu diantaranya:

  • Ketika penetapan hari raya biasanya terjadi perbedaan antara Nadhatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Karena biasanya Nadhatul ulama menentukan Hilal terlebih dahulu sedangkan dari Muhammadiyah mengikuti kalender masehi yang sudah ditetapkan. Dan biasanya juga dari Muhammadiyah biasanya satu hari lebih awal dibandingkan dengan nadhatul ulama (NU).
  • Ketika bulan Ramadhan, Muhammadiyah melaksanakan sholat tarawih 11 rokaat sedangkan dari nadhatul Ulama melaksanakan sholat tarawih dan witir 23 rakaat
  • Jika setelah sholat dari kalangan nadhatul Ulama biasanya melakukan dzikir bersama dengan dipimpin salah satu orang dengan suara dikeraskan. Berbeda dengan dari kalangan Muhammadiyah yang melakukan dzikir secara mandiri
  • Pada membaca surah alfatihah dari kalangan Muhammadiyah tidak mengawali dengan basmalah tetapi dari nadhatul ulama diawali dengan basmalah
  • Dalam sholat shubuh dari Muhammadiyah tidak menggunakan qunut. Sedangkan dari nadhatul ulama menggunakan qunut saat setelah ruku di rakaat kedua

Itulah perbedaan yang saya kenal dari Muhammadiyah dan Nadhatul ulama ini. Dan ketika sekarang saya berada dilingkungan Muhammadiyah meneurut saya tidak ada sama sekali yang menjadikan perbedaan tersbut menjadi perpecahan. Melainkan kita disisni menjalin tolerasi yang kuat. Selain itu juga bagi saya semua itu sama aja karena kiota sama sama menyembah allah dan tetap menaati ajaran Rasulullah.

Dalam hal segi Pendidikan ini saya salut dengan Muhammadiyah. Karena dalam hal ini semakin banyak sekolah Muhammadiyah dari MI Muhammadiyah, SMA/SMK Muhammdiyah, dan universitas yang sangat berkembang pesat hingga menjadi sekolah favorit di setiap daerahnya. 

Bahkan kualitas dari sekolah Muhammadiyah ini tidak bebeda jauh dengan sekolah negeri saat ini. Salah satu contohnya yaitu seperti bahwa Muhammadiyah bukanlah hanya mementingkan organisasi yang besar melainkan Muhammadiyah memiliki kualitas yang sangat besar bagi bangsa ini.

Selain itu juga dalam lingkup muhamadiyah ini khususnya di universitas saya mengenal salat satu oraganisai yang cukup popular dikalangan mahasiswa Muhammadiyah. 

Organisasi tersebut yaitu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah atau biasa disebut IMM IMM sendiri yaitu sebuebuah Organisasi Mahasiswa Islam, sekaligus Organisasi Ortonom Muhammadiyah yang bergerak di bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Kemasyarakatan. IMM dibentuk di Yogyakarta pada tangggal 14 Maret 1964. IMM sendiri memiliki tujuan “mengusahakan terbentuknya Akademisi Islam yang Berakhlak Mulia dalam rangka mencapai Tujuan Muhammadiyah”.

Itulah sedikit cerita yang bisa saya tuliskan mengenai Muhammadiyah yang saya kenal. Dari yang awalnya tidak menerti sekali kisah Muhammadiyah menjadi sedikit paham tentang Muhammadiyah.

Terima kasih

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun