Mohon tunggu...
Novita Dewi Astriyana
Novita Dewi Astriyana Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

positif thinking

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Strategi Pembelajaran Generative Learning

17 Juli 2021   01:15 Diperbarui: 17 Juli 2021   01:33 971
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Model Pembelajaran

Generative Learning

Seorang guru yang profesional dituntut untuk mempunyai keahlian atau kemampuan dalam menyampaikan pelajaran dikelas. Untuk dapat menyampaikan pelajaran dengan efektif dan efisien, guru perlu mengenal berbagai jenis strategi pembelajaran sehingga dapat memilih strategi manakah yang paling tepat untuk mengajarkan suatu bidang studi tertentu.

Dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran, setiap guru dituntut untuk memahami benar strategi pembelajaran yang akan diterapkannya. Sehubungan dengan hal tersebut, seorang guru perlu memikirkan strategi pembelajaran yang akan digunakannya. Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat berdampak pada tingkat penguasaan atau prestasi belajar siswa.

Guru juga terbantu dengan adanya strategi pembelajaran, sehingga memiliki gambaran bagaimana cara membantu siswa dalam kegaitan belajar. Dikarenakan siswa memiliki perbedaan baik dalam hal kemampuan, motivasi untuk belajar, latar belakang sosio budaya dan tingkat ekonominya.

Kegunaan dari strategi pembelajaran adalah untuk mencari rumusan atau acuan kegiatan belajar mengajar untuk memperoleh pengalaman belajar yang inovatif dan menyenangkan.

Ada beberapa model pembelajaran yang kita mungkin kita  ketahui  yaitu salah satunya adalah model pembelajaran yang kita ketahui yaitu model generatif dimana model pembelajaran, generative ini  peserta belajar aktif berpartisipasi dalam proses belajar dan dalam mengkontruksi makna dari informasi yang ada disekitarnya berdasarkan pengetahuan awal dan pengalaman yang dimiliki peserta didik (Osborne dan Witrock, dalam Sudyana et. al., 2007: 1080). Menurut Baharudin, (2010:128) generative learning merupakan model yang menekankan pada integrasi yang aktif antara materi atau pengetahuan baru yang diperoleh dengan skemata. Dengan menggunakan model generative learning diharapkan siswa menjadi lebih melakukan proses adaptasi ketika menghadapi stimulus baru. Selain itu, sebagai model pembelajaran yang berlandaskan konstruktivisme, generatif learning juga berfokus pada keterlibatan dan partisipasi siswa secara aktif dalam proses belajar sebagai tujuan utama dalam proses belajar (Pannen, 2001:83). Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran generatif adalah model pembelajaran yang menekankan pada pengintegrasian secara aktif antara pengetahuan awal dengan pengetahuan baru yang dimiliki siswa melalui peran aktifnya dalam pembelajaran.

Untuk model pembelajaran generatif terdiri atas empat tahap pembelajaran yaitu:

Eksplorasi

Pemfokusan,

Tantangan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun