Mohon tunggu...
KKN Doplang UMP 087 2022
KKN Doplang UMP 087 2022 Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Muhammadiyah Purwokerto

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Demonstrasi Pembuatan Nata dan Starter sebagai Aksi "Kepenting" (Kesadaran Pencegahan Stunting)

19 Agustus 2022   21:57 Diperbarui: 19 Agustus 2022   22:05 208 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, yang dilaksanakan oleh mahasiswa lintas jurusan/ program studi dalam suatu instansi perguruan tinggi.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto melaksanakan suatu program kerja KKN dengan melibatkan para kader PKK dalam pembuatan starter nata de coco dan pengolahan nata de coco  yang bertempat di Balai Desa Doplang, Kecamatan Adipala, Cilacap (30/8/2022).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja unggulan dari Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto, kelompok 087 Desa Doplang.

Desa Doplang merupakan desa yang memiliki angka stunting cukup tinggi, sehingga perlu adanya upaya untuk mencegah dan mengatasi stunting, salah satunya dengan program pelatihan pembuatan starter bakteri nata de coco dan juga pengolahan nata de coco. Nata memiliki kandungan gizi yang baik sehingga baik untuk dikonsumsi dan dapat digunakan sebagai perbaikan gizi.
Kegiatan tersebut diikuti oleh 25 warga masyarakat yang merupakan perwakilan dari anggota ibu PKK.

Rangkaian acara pertama yaitu pembukaan yang dipandu oleh MC Diinaa Almaas Salsabiila, Fakultas Ilmu Kesehatan, Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Kelompok 087. Dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dipandu oleh dirigen, Indri Lisiyawati, Fakultas Pertanian dan Perikanan, mahasiswa KKN UMP kelompok 087 Desa Doplang, Kecamatan Adipala, Cilacap

dokpri
dokpri

Nadia Oktafiyani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto, kelompok 087 adalah salah seorang Mahasiswa UMP Jurusan Pendidikan Biologi yang menyampaikan tentang proses cara pembuatan starter dan juga pembuatan nata de coco, dan diharapkan program kerja ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Doplang.

Nata adalah produk fermentasi oleh bakteri Acetobacter xylinum pada substrat yang mengandung gula. Bakteri tersebut menyukai kondisi asam dan memerlukan nitrogen untuk stimulasi aktivitasnya. Bakteri ini diketahui hidup dalam air kelapa dan juga pada substrat yang mengandung glukosa.

Dengan berbagai macam bahan-bahan pembuatan nata de coco seperti air kelapa 500 ml, pupuk za 0,5% , bibit bakteri/ starter 50 ml dan gula pasir 50 gram.

Selain pengenalan bakteri nata de coco, kami juga memberikan edukasi kepada ibu-ibu PKK Desa Doplang mengenai bagaimana cara proses fermentasi yang baik dan benar pada saat pembuatan nata de coco .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan