Mohon tunggu...
Novita NurulQomariyah
Novita NurulQomariyah Mohon Tunggu... Lainnya - Novita nurul qomariyah unzah

Unzah Kelas 6C ES

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ekonomi Pembangunan Syariah Itu Apa Sih?

29 Juli 2021   07:54 Diperbarui: 31 Juli 2021   03:15 130 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ekonomi Pembangunan Syariah Itu Apa Sih?
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teman-teman ada yang tau gak sih ! ekonomi pembangunan secara syariah itu bagaimana?

Perekonomian (ekonomi nasional) menerapkan dasar Al-Quran dan Hadist sebagai dasar penerapannya, tentunya suatu perekonomian nasional akan berjalan dengan baik dan terarah sesuai aturan. Namun kenyataanya memang belum semua negara muslim di dunia menerapkan dasar tersebut. Selanjutnya, di dalam artikel ini dijelaskan tentang bagaimana Ekonomi Islam berkontribusi dalam pembangunan ekonomi. 

Yuk simak pembahasannya!

Ekonomi pembangunan adalah suatu studi yang ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup penduduk di negara-negara yang sedang berkembang, dengan memecahkan masalah-masalah utamanya yakni kemiskinan, pengangguran dan pemerataan. Pembangunan dinegara-negara berkembang pada pelaksanaannya telah memunculkan pola, metode, atau model yang berbeda- beda diantara mereka.
Islam melihat pembangunan ekonomi sebagai pertumbuhan kematangan manusia, dimana kemajuan materi yang ada pada saat ini tidak bisa dihindari dan hal itu harus ditunjang dengan adanya kekuatan kematangan spiritual. 

Beberapa tujuan penting mesti diprioritaskan seperti : 

1. pertumbuhan diiringi dengan tenaga kerja yang dapat diandalkan dan terampil di bidangnya akan menjadi suatu kualitas sendiri yang mempunyai hasil pekerjaan yang bermutu, 

2. stabilitas ekonomi, 

3. keadilan distributif dan kepedulian terhadap alam.

Pembangunan ekonomi menurut ekonomi Islam memiliki dasar-dasar filosofis yang berbeda, yaitu :

1. Tauhid rububiyah, mengajarkan bahwa Allah adalah sang pencipta atas segala sesuatu. Dia-Lah yang menciptakan dunia dan alam. Untuk manusialah yang selanjutnya mengatur model pembangunan yang berdasarkan Islam.

2. Keadilan, maksudnya ekonomi yang merata (growth with equity),

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN