Mohon tunggu...
Kadek Novianti Puspa Sari Dewi
Kadek Novianti Puspa Sari Dewi Mohon Tunggu... Operator - Mahasiswa STAH N Mpu Kuturan Singaraja

Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Komunikasi Massa

22 Januari 2020   20:08 Diperbarui: 22 Januari 2020   20:16 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Komunikasi Massa

Hallo guys, jadi aku Novi mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi semester 3 di STAH N Mpu Kuturan Singaraja. Kali ini aku mau bahas tentang Komunikasi Massa. Menjadi makhluk sosial kita tidak bisa terlepas dari yang namanya interaksi. Komunikasi massa merupakan interaksi penyampaian pesan atau informasi melalui media.

Komunikasi ini harus menggunakan media massa, karena meskipun komunikasi dilakukan dengan banyak orang  tapi tidak menggunakan media massa tetap saja komunikasi yang dilakukan bukanlah komunikasi massa. Intinya komunikasi ini dapat dikatakan komunikasi massa apabila menggunakan yang namanya suatu media yaitu media massa. 

Jadi aku mau membagikan pengalamannku tentang bagaimana aku mempelajari komunikasi massa. Komunikasi massa sangatlah penting untuk kita pelajari terlebih lagi kita yang merupakan generasi millennial,  merupakan anak muda yang dianggap paham tentang teknologi.

Mempelajari komunikasi massa secara tidak langsung kita juga harus mempelajari media dan beberapa aplikasi yang ada dalam hal tersebut. Meskipun dalam kehidupan sehari-hari kita telah menggunakan dan beraktivitas di media massa (dunia maya) tapi kita juga perlu mengetahui informasi-informasi tentang komunikasi massa dan medianya.

Bahwasanya apa yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari di media massa ini merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang memiliki teori. Komunikasi apapun yang kalian lakukan sesungguhnya memiliki teori-teori yang telah kita lakukan di kehidupan kita, dan aku sendiri pun mengetahui hal itu ketika aku meneguhkan hati masuk dalam jurusan ini.

Saat ini media massa menjadi tempat penyebaran informasi serta berita-berita yang ada, mulai dari politik, ekonomi, pariwisata, kedokteran, dll. Hal ini tidak diragukan lagi karena dengan media massa segala informasi dapat kita capai dengan mudah, waktu yang efisien, serta dalam penyebaran informasi pun media massa sangatlah cepat.

Ketika aku mempelajari komunikasi massa sekaligus medianya itu merupakan awal yang memang sulit aku mengerti karena sesuatu yang tidak pernah aku tahu dan aku kenal harus aku pahami. Tapi jika kita memiliki niat, kemauan dan tekat yang kuat maka banyak sekali hal-hal yang baru bisa kita dapatkan.

Begitu juga aku ketika mempelajari Komunikasi Massa ini, mempelajari hal ini sangat membuka wawasan kita, bahwa sesungguhnya diluar sana sangatlah luas dan banyak sekali pengetahuan-pengetahuan yang perlu kita pelajari. Perkuliahan komunikasi massa ini tidaklah cukup dengan cara kita datang ke kampus, duduk, dan mendengarkan teori.

Namun, perkuliahan yang sesungguhnya adalah bagaimana kita bisa mempraktekan teori-teori yang ada. Hal ini dikarenakan, ketika berbicara tentang Komunikasi Massa bukan lagi kita harus afal teori tapi bagaimana kita mampu memahami hal itu secara nyata, memanfaatkan segala sesuatu yang ada di dalamnya, dan membentuk softskill yang kita miliki dari media itu sendiri.

Meski sangat sulit untuk memulai, maka cobalah!!! Karena kalian tidak akan pernah tahu jika kalian tidak pernah mencobanya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun