Mohon tunggu...
Novi Nurul Khotimah
Novi Nurul Khotimah Mohon Tunggu... Administrasi - Menulislah dengan hati

GURU MULIA ADALAH GURU YANG BERKARYA

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mewujudkan Perpustakaan Sekolah Impian

1 Februari 2021   15:29 Diperbarui: 1 Februari 2021   16:51 592 20 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perpustakaan Kalijaga Cerdas setelah selesai renovasi | dokpri

Perpustakaan tidaklah bisa dilepaskan dari keberadaan suatu sekolah baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Sekolah akan bisa dikatakan hebat ketika mampu menata, mengelola dan memanfaatkan perpustakaannya sebagai sumber belajar bagi seluruh warga sekolah. Baik itu untuk Kepala sekolah, Guru maupun karyawan dan terutama tentunya untuk para peserta didik.

Mengapa saya mengatakan demikian? Karena perpustakaan merupakan sarana yang sangat penting dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. 

Seperti apakah perpustakaan yang ideal itu? Tentunya perpustakaan representatif yang sangat dibutuhkan oleh sekolah. Perpustakaan yang nyaman sebagai salah satu sumber kegiatan belajar di sekolah. Bukan sekedar ruangan yang hanya berisi lemari-lemari berjejer kaku, dengan koleksi buku-buku usang yang kurang terawat. 

Pada beberapa sekolah yang pernah saya kunjungi perpustakaan nyaris jarang tersentuh. Entah apa yang menjadi kendalanya. Bahkan yang paling menyedihkan adalah saat koleksi buku-buku perpustakaan itu menjadi santapan rayap-rayap yang meranggas bebas melahap semua buku yang ada.

Perpustakaan saat mulai pembenahan | dokpri
Perpustakaan saat mulai pembenahan | dokpri

Paparan di atas merupakan pemikiran saya ketika saya mempunyai mimpi untuk memiliki sarana perpustakaan yang representatif di sekolah yang saya pimpin. Bagaimana menata ruang perpustakaan sekolah agar menarik, dilirik dan menjadi asyik saat berada di ruangan ini. Ruang belajar sebagai manifestasi dari kegiatan literasi di sekolah. Dengan harapan semua warga sekolah khususnya peserta didik nyaman saat menggunakannya sehingga kebermanfaatannya terjaga.

Ada beberapa hal yang menjadi dasar pemikiran saya untuk menyulap perpustakaan lama di SDN Kalijaga Permai Kota Cirebon yang membuat jenuh mata tatkala menatapnya menjadi perpustakaan impian yang ngangeni untuk selalu mengunjunginya.

Perpustakaan saat proses pembenahan | dokpri
Perpustakaan saat proses pembenahan | dokpri

1. SDN Kalijaga Permai merupakan sekolah pioneer dalam kegiatan literasi sekolah dari program Gerakan Literasi Sekolah. Ada kegiatan khusus yaitu program ekstra kurikuler literasi buat peserta didiknya. Hal ini harus didukung sarana perpustakaan yang represntatif untuk menunjang kegiatan tersebut pada khususnya dan umumnya kegiatan-kegiatan belajar yang lain.

2. Memaksimalkan fungsi dari perpustakaan sekolah itu sendiri sebagai penunjang belajar bukan sebagai pajangan saja yang tidak bermakna. Mengembalikan fungsi perpustakaan sebagai penunjang proses pembelajaran yang memiliki peranan sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

3. Menyediakan ruang baca, ruang menulis, ruang diskusi yang nyaman dan menyenangkan khususnya bagi para peserta didik dengan fasilitas yang lengkap dan menyenangkan pula. Baik dalam penataan ruangannya, penyediaan buku-bukunya yang menarik maupun pengelolaannya sehingga peserta didik merasa enjoy ketika melaksanakan kegiatan membaca, menulis ataupun berdiskusi sesuai pemanfaatannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan