Novi Nurul Khotimah
Novi Nurul Khotimah Pendidik

GURU MULIA ADALAH GURU YANG BERKARYA

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Apresiasi Wali Kota Cirebon terhadap Gerakan Literasi

15 Januari 2019   01:35 Diperbarui: 15 Januari 2019   01:36 244 9 1
Apresiasi Wali Kota Cirebon terhadap Gerakan Literasi
Dokpri

Rindu bercengkerama dengan gawai untuk menguntai ribuan kata yang sudah berjejal di kepala, mengalahkan segala lelah setelah sehari penuh beraktivitas. Merasa tidak mampu menyimpan memori terlalu lama, entah itu karena terlalu banyak hal yang menyita pemikiran atau kapasitas memori di kepala saya yang terbatas ataupun memang ada hal lain, yang pasti saya harus segera menuangkannya dalam sebuah memoar.

Literasi masih menjadi topik utama tulisan saya kali ini. Rasanya tak pernah jemu menyuarakan tentang literasi. Bahkan serasa semakin hari semakin menjadi kobaran semangat yang tiada henti untuk terus di gelorakan kepada seluruh anak negeri. Baik itu anak-anak yang tinggal di daerah perkotaan ataupun di daerah perbatasan.

Pada hari ini Senin tanggal empat belas bulan Januari tahun dua ribu sembilan belas ( hehe..seperti kata-kata dalam berita acara yah..) adalah hari yang tak akan pernah bisa saya lupakan dalam sejarah perjalanan kehidupan saya. Hari yang telah menambahkan satu warna pelangi dalam lukisan saya.


Saya merupakan salah seorang dari Tim Gelemaca yang turut serta dalam acara pertemuan dengan Bapak Wali Kota Cirebon. Berkenan mendampingi kami adalah Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Drs.H.Jaja Sulaeman, M.Pd. Bapak Kepala Dinas Pendidikan yang selalu memberi support penuh dan memotivasi tiada henti terhadap kemajuan gerakan literasi Kota Cirebon yang sudah dilaunching sejak empat tahun lalu. 

Saya merasa sangat salut dan bangga atas atensi beliau sehingga gerakan literasi di Kota Cirebon kian berkibar. Berkibar mengangkasa dengan berbagai program yang inovatif dan selalu menginspirasi, baik untuk para siswa maupun untuk para guru di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Cirebon. Sehingga karya demi karya telah banyak terlahir dari mereka para pegiat literasi. Karya itu salah satunya adalah berupa penulisan buku.

Dan suatu kebanggaan pula ketika Bapak Wali Kota Cirebon Drs. H. Nasrudin Azis, S.H. berkenan menerima kehadiran kami. Dengan senyum ramah, beliau mempersilahkan kami untuk memasuki ruang kerjanya. Tiada terlihat gurat-gurat kelelahan dari wajah beliau, padahal saya perhatikan tamu demi tamu silih berganti. 

Kami merupakan tamu yang kesekian yang beliau terima di ruang kerjanya.
Pembicaraan diawali oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan sekait kedatangan kami. Bapak Kadisdik menyampaikan tentang Komunitas Gelemaca. 

Komunitas Literasi Kota Cirebon perihal program yang sudah dan akan dilaksanakan dalam satu tahun. Jelajah Literasi merupakan salah satu program yang akan dilaksanakan dalam waktu mendekat. Penyampaian kegiatan Jelajah Literasi secara rinci disampaikan oleh Ketua Komunitas Gelemaca, Lilik Agus Darmawan, S.Pd.,M.M. 

Jelajah Literasi yang akan dilaksanakan dengan mengambil lokasi di wilayah kelurahan Argasunya. Ada tiga sekolah yang menjadi titik penjelajahan dalam event ini yaitu SDN Cadas Ngampar, SDN Lebak Ngok dan SDN Sumurwuni. 

Peserta terdiri dari SD dan SMP yang merupakan peserta tantangan CLRC 3 lolos verifikasi 2.Permohonan agar Bapak Walikota berkenan hadir pada kegiatan ini juga disampaikan oleh Ketua Komunitas.

Bapak Walikota menyambut baik dan menyampaikan apresiasinya terhadap program-program yang sudah dan akan dilaksanakan oleh Tim Gelemaca yang ada di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Cirebon. Salah satu hal yang beliau sampaikan adalah bahwa Dinas Pendidikan merupakan tempat yang paling sejuk karena di dalamnya banyak guru. Guru menjadi penyejuk di tengah-tengah situasi suhu politik yang sedang memanas, karena guru tidak ikut-ikutan dalam politik praktis.

Apresiasi yang sama pun beliau sampaikan ketika Bapak Kepala Dinas Pendidikan menyerahkan Buku Karya Siswa dan Buku Karya Guru. Beliau menyampaikan kebanggaannya atas karya yang sudah ditorehkan. 

"Kalau seseorang sudah berhasil menulis sebuah buku, itu berarti sudah hebat karena penulisnya tentunya akan melaksanakan ide-ide yang sudah dituliskannya," ungkap beliau sambil memegang erat buku-buku itu dengan ekspresi penuh kebanggaan. 

Karena sejatinya beliau juga senang menulis dan rajin menulis sebelum beliau memasuki dunia politik. Itulah ungkapan beliau yang sepertinya rindu untuk menulis kembali.


Sungguh sebuah pertemuan yang sangat menginspirasi, semakin memotivasi saya khususnya dan tentunya bagi kami Tim Gelemaca yang berkesempatan ikut hadir.


Pada sesi akhir pertemuan tentunya adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Mengabadikan momen merupakan hal yang sangat penting di era millenial ini. Pada kesempatan itupun saya menyampaikan Buku Karya saya yang berjudul "Manager Out Of The Box" kepada beliau dan tidak lupa diabadikan sebagai dokumentasi. Pertemuan ditutup dengan berfoto bersama.


Kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Wali Kota Cirebon yang telah berkenan menerima kehadiran kami dari Tim Gelemaca. Semoga dengan motivasi dan dukungan penuh dari Bapak Walikota semakin bertambah energi para pegiat literasi Kota Cirebon sehingga karya dan prestasinya bisa mendunia.

Terima kasih pula yang tak terhingga kami sampaikan kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon yang senantiasa berada di garis terdepan dalam mendukung dan memotivasi kegiatan literasi. Semoga keberkahan senantiasa Allah SWT berikan. Aamiin... .

Cirebon,13012019
Novi Nurul Khotimah